Pengaruh pembelajaran metode karyawisata (field trip) terhadap kemampuan berkomunikasi siswa pada materi ekosistem: penelitian pada siswa kelas X SMAN 1 Talaga-Majalengka

Rosyidah, Rida (2014) Pengaruh pembelajaran metode karyawisata (field trip) terhadap kemampuan berkomunikasi siswa pada materi ekosistem: penelitian pada siswa kelas X SMAN 1 Talaga-Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini didasari pada kedudukan dan fungsi guru dalam kegiatan pembelajaran biologi yang masih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga guru memegang peran yang dominan dan proses komunikasi juga cenderung masih searah dalam proses pembelajaran. Salahsatu solusi alternatifnya adalah pembelajaran dengan menggunakan metode karyawisata (Field trip) yang dinilai dapat meningkatkan aktifitas, kemampuan berkomunikasisiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi siswa dengan menggunakanmetode karyawisata (Field trip) pada materi ekosistem. Selain itu, untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan metode karyawisata (Field trip) dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan metode karyawisata (Field trip). Metode penelitiannya adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMAN 1 Talaga Majalengka. Populasi seluruh siswa kelas X yang berjumlah sepuluh kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposivedimanasempel yang diambil adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berkomunikasi siswapada kelas yang menggunakan metode karyawisata (Field trip)diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 44,64, posttest 79,24 dan N-Gain 0,62 dengan kategori sedang. Pada kelas yang tidak menggunakan metode karyawisata (Field trip) diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 44,00, posttest 74,12 dan N-Gain 0,51 dengan kategori sedang. Hasil uji Mann Whitney pada nilai N-Gain yaitu Zhitung2,23dan Ztabel 1,95 sehingga Zhitung> Ztabelpada taraf signifikansi 1%.Berdasarkan hipotesis penelitian adalah Ho ditolak dan Ha diterima.Disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran karyawisata (Field trip)berpengaruh positif terhadap kemampuan berkomunikasi siswa pada materi ekosistem. Hal ini juga didukung oleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta tanggapan siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode karyawisata (Field trip)lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan metode karyawisata (Field trip).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Karyawisata (Field Trip); Kemampuan Berkomunikasi; Ekosistem;
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 01 Jan 2019 04:07
Last Modified: 01 Jan 2019 04:07
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17758

Actions (login required)

View Item View Item