Pengaruh strategi pembelajaran predict-discuss-explain-observe-discuss-explain (PDEODE) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kingdom animalia: penelitian pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Babakan Kab. Cirebon

Riyanah, Rina (2014) Pengaruh strategi pembelajaran predict-discuss-explain-observe-discuss-explain (PDEODE) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kingdom animalia: penelitian pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Babakan Kab. Cirebon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan diantaranya yaitu siswa sulit memahami materi Kingdom Animalia danguru belum pernah memakai indikator keterampilan berpikir kritis dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Kingdom Animalia, yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran PDEODE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan aktivitas guru pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, menganalisis pengaruh strategi pembelajaran PDEODEterhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Kingdom Animalia dan mengetahui respon siswa pada kelas eksperimen.Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimendengan desain non-equivalent control group. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Babakan Kab. Cirebon. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling dan yang dijadikan sampel adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel keseluruhan sebanyak 80 siswa.Berdasarkan hasil lembar observasi menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru pada kelas eksperimen sebesar 92,42%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 88,89% yang sama-sama termasuk pada kategori keterlaksanaan sangat baik.Kemampuan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen mencapai 0,73 berkategori sangat tinggi dengan rata-rata nilai tes akhir yaitu 85,00. Sedangkan, pada kelas kontrol mencapai 0,61 berkategori sedang dengan rata-rata nilai tes akhir yaitu 76,83.Respon siswa menunjukkan respon yang positif yaitu dengan nilai 73,94%. Berdasarkan hasil analisis N-gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Zhitung> Ztabel yaitu 3,29 > 1,65, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan adanya pengaruh positif keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PDEODE pada materi Kingdom Animalia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis; kingdom animalia; quasi eksperimen; strategi pembelajaran PDEODE;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 01 Jan 2019 04:28
Last Modified: 01 Jan 2019 04:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17760

Actions (login required)

View Item View Item