Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa pada materi ekosistem: penelitian quasi eksperimen di Kelas X SMA Bina Muda

Sari, Intan Permata (2017) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa pada materi ekosistem: penelitian quasi eksperimen di Kelas X SMA Bina Muda. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text (BAB V)
8_'BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan menulis argumentasi siswa pada mata pelajaran biologi yang masih kurang terlatih. Sehingga guru harus meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis argumentasi, karena keterampilan menulis argumentasi merupakan kemampuan untuk menyanggah suatu pernyataan atau pemikiran yang dianggap benar sehingga dapat mempengaruhi orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa pada materi ekosistem. Metode yang dilakukan oleh peneliti adalah quasi eksperimen dengan tehnik sampling purposive. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XF dan XG SMA Bina Muda Cicalengka Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan menulis argumentasi dan tes. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes keterampilan menulis argumentasi berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.72 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.54 dengan kategori sedang. Adapun keterlaksanaan pembelajara di kelas XF menunjukkan 94% untuk aktivitas guru dan 97.3% untuk aktivitas siswa dengan kategori sangat baik, sedangkan keterlaksanaan pembelajaran di kelas XG menunjukkan 91.8% untuk aktivitas guru dan 95.1% untuk aktivitas siswa dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif; Ekosistem; Think; Talk; Write
Subjects: Biology > Biologist
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 05 Jan 2019 07:54
Last Modified: 05 Jan 2019 07:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17778

Actions (login required)

View Item View Item