Pengaruh penyaluran dana produktif murabahah terhadap tingkat likuiditas pada Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Syariah Harum Hikmahnugraha Garut

Rifa, Aniestya Nur (2014) Pengaruh penyaluran dana produktif murabahah terhadap tingkat likuiditas pada Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Syariah Harum Hikmahnugraha Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Penyaluran dana produktif Murabahah merupakan salah satu produk yang ada di BPR Syariah Harum Hikmahnugraha Garut.Prosentase pembiayaan jual beli dengan akad murabahah mendominasi dari seluruh produk yang ada. Pembiayaan Murabahah tersebut menghadapkan BPRSyariah Harum Hikmah-nugraha pada resiko liquiditas, yaitu kemungkinan dari penempatan dana yang dilakukan dalam bentuk pembiayaan belum masuk ke kas bank. Karena pembiayaan murabahah adalah pembiayaan terbesar pada bank syari’ah maka kontribusinya sangat diharapkan terhadap liquiditas BPRSyariah Harum Hikmahnugraha Garut. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah ; a) tentang mekanisme penyaluran dana produktif Murabahah di BPRS Harum Hikmahnugraha b) tingkat likuiditas di BPRSyari’ah Harum Hikmahnugraha c) pengaruh penyaluran dana produktif murabahah terhadap tingkat likuiditas.Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif yaitu dengan cara menganalisis angka-angka dari Laporan Keungan BPR Syari’ah Harum Hikmahnugraha Garut. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu pengumpulan data yang diperoleh dari pihak BPR Syari’ah Harum Hikmahnugraha denganmenganalisis pembiayaan dan data sekunder diperoleh melalui studi literature, buku, dan historis laporan keuangan bank.Dari kegiatan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecenderungan umum peranan pembiayaan Murabahah terhadap FDR menunjukkan hubungan yang besar. Nilai Kd = 86.86% berperan terhadap FDR dan sisanya sebesar 13.14% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak berhubungan dengan penelitian ini. Dari persamaan hasil regresi linier sederhana, menunjukkan bahwa pembiayaan Murabahah (X) mempunyai pengaruh negatif terhadap FDR bank (Y) di mana setiap kenaikan pembiayaan Murabahah akan mengakibatkan penurunan pada FDR. Konstanta sebesar 139,27 mempunyai arti, jika tidak terdapat FDR maka pendapatannya adalah sebesar 139,27 dan apabila koefisien regresi sebesar -3,647 mempunyai arti bahwa setiap penambahan pembiayaan Murabahah sebesar 1 rupiah maka FDR akan menurun sebesar 3.647. Sedangkan hasil uji siginifikan menunjukan bahwa t hitung < t tabel, yaitu -3,647<4,303 dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak. Sehingga pembiayaan murabahah tidak berpengaruh signifikan terhadap likuiditas FDR pada taraf signifikan 5%. Hal yang perlu diperhatikan sebagai implikasi dari penelitian ini adalah 1). Perlu adanya upaya pengelolaan aset Bank secara maksimal untuk menjaga banyaknya nasabah yang macet, 2) kinerja pengelola dan sistem perbankan yang ada merupakan hal yang penting untuk dijalankan guna meningkatkan effektivitas bank ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyaluran Dana; Murabahah; Tingkat Likuiditas;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 02 Jan 2019 12:07
Last Modified: 02 Jan 2019 12:07
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17781

Actions (login required)

View Item View Item