Tanggapan siswa terhadap program pembinaan kepribadian hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari: penelitian pada siswa kelas VIII SMP Triyasa Ujungberung-Bandung

Jannah, Elis Tsamratul (2015) Tanggapan siswa terhadap program pembinaan kepribadian hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari: penelitian pada siswa kelas VIII SMP Triyasa Ujungberung-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi yang penulis lakukan di SMP Triyasa Ujungberung-Bandung diperoleh hasil bahwa program pembinaan kepribadian yang ada di sekolah tersebut diantaranya adalah keputrian. Pelaksanaannya dilakukan oleh guru PAI. Melihat fenomena yang ada di sekolah ketika program pembinaan kepribadian dilaksanakan masih banyak siswa yang melakukan pelanggaran atau melakukan hal-hal yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanggapan siswa kelas VIII SMP Triyasa Ujungberung-Bandung terhadap program pembinaan kepribadian, akhlak siswa kelas VIII SMP Triyasa Ujungberung-Bandung sehari-hari dan hubungan antara tanggapan siswa terhadap program pembinaan kepribadian dengan akhlak mereka kelas VIII di SMP Triyasa Ujungberung-Bandung sehari-hari. Dasar pemikiran penelitian ini memaparkan adanya keterkaitan antara tanggapan siswa terhadap program pembinaan kepribadian hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari. Maka hipotesis ini adalah semakin positif tanggapan siswa terhadap program pembinaan kepribadian maka semakin positif pula akhlak mereka sehari-hari. Demikian pula sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodee deskriptif. Sampel dalam penelitian ini diambil 15% dari populasi sebanyak 244 orang menjadi 36 orang yang ditentukan secara acak pada kelas VIII SMP Triyasa Ujungberung-Bandung. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, obeservasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian variabel X secara keseluruhan termasuk kategori tinggi. Hal ini berdasarkan rata-rata jawaban mereka terhadap 20 item angket yang diajukan diperoleh 4,37. Nilai tersebut berada pada skala penilaian 3,50-4,50. Variabel Y secara keseluruhan termasuk kategori tinngi. Hal ini berdasarka rata-rata jawaban mereka terhadap 20 item angket yang diajukan diperoleh 3,77. Nilai tersebut berada pada skala penilaian 3,50-4,50. Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap program pembinaan kepribadian dengan akhlak mereka sehari-hari didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,35. Angka tersebut mempunyai angka korelasi kategori rendah karena berada pada rentang interval 0,21-0,40. Kemudian hasil uji hipotesis menunjukan harga t hitung sebesar 2,19 dan harga t table sebesar 1,70. Dengan demikian t hitung lebih besar dari t table maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, berarti tidak ada hubungan antara variabel X tanggapan siswa terhadap program pembinaan kepribadian dengan variabel Y akhlak siswa sehari-hari. Sedangkan derajat pengaruh tanggapan siswa terhadap program pembinaan kepribadian adalah 8% dan 92% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Pembinaan Kepribadian; Akhlak;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 03 Jan 2019 09:04
Last Modified: 03 Jan 2019 09:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17809

Actions (login required)

View Item View Item