Penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya: penelitian tindakan kelas di kelas V MI Al-Mishbah kota Bandung

Rahmawati, Euis (2014) Penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya: penelitian tindakan kelas di kelas V MI Al-Mishbah kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan di kelas V MI Al-Mishbah kota Bandung, berdasarkan studi pendahuluan di kelas V MI Al-Mishbah kota Bandung pada mata pelajaran IPA bahwasanya dalam pelaksanaan proses pembelajarannya ternyata masih berpusat pada guru (Teacher Centered),sehingga banyak siswa yang tidak dapat mencapai hasil belajar yang optimal. untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan strategi pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Dengan strategi ini diharapkan proses pembelajaran berlangsung alamiah dan siswa aktif dalam pembelajaran tidak hanya sekedar transfer pengetahuan dari guru kepada murid saja. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya, (b) mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya melalui penggunaan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada setiap siklus, (c) mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya di kelas V MI Al-Mishbah kota Bandung melalui penggunaan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada akhir siklus. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Al-Mishbah Kota Bandung, yang berjumlah sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 13 siswa laki- laki. Instrumen yang digunakan terdiri dari pemberian tes pada setiap siklus dan akhir siklus yang berupa pemberian soal-soal pilihan ganda untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya, serta lembar observasi aktivitas siswa dan guru untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil yang diperoleh adalah: Hasil obeservasi aktivitas guru dan siswa menunjukan peningkatan yang signifikan, untuk aktivitas guru pada pertemuan pertama sebesar 88% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 100%, sedangkan untuk aktivitas siswa pada pertemuan pertama sebesar 90% dan mengalami peningkatan pada pertemuan kedua menjadi 100%, sedangkan hasil belajar kognitif peserta didik pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 76% dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 72%, Siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 82% dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar 88%. Akhir siklus nilai rata-rata siswa sebesar 83% dan ketuntasan belajar klasikalny sebesar 88% hal ini menunjukan adanya peningkatan pada setiap siklus. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan terbukti bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Active Knowledge Sharing; Hasil Belajar Kognitif;
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 03 Jan 2019 09:33
Last Modified: 03 Jan 2019 09:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17811

Actions (login required)

View Item View Item