Penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa: penelitian eksperimen pada siswa kelas VIII – MTs. N. Wanayasa

Rahmat, Fika Rizki Fauziah (2014) Penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa: penelitian eksperimen pada siswa kelas VIII – MTs. N. Wanayasa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah tentang ada atau tidaknya peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberikan pembelajaran pendekatan CRA ditinjau dari tingkat pengetahuan awal matematis siswa (PAM). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas VIII MTs. N. Wanayasa. Untuk pengambilan data, peneliti mengambil populasi seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga didapat sampel kelas VIII-A dengan menggunakan pendekatan CRA dan VIII-B dengan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) proses pembelajaran menggunakan pendekatan pendekatan CRA, (b) perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pendekatan CRA dengan pembelajaran konvensional, (c) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pendekatan CRA dan pembelajaran konvensional, (d) perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pendekatan CRA dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat pengetahuan awal matematika (PAM) siswa, serta (e) sikap siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan CRA.Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen tes yaitu tes PAM, pretes dan postes, dan instrumen nontes yaitu lembar observasi siswa, lembar observasi guru dan skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka diperoleh: (a) Aktivitas siswa dan aktivitas guru terdapat peningkatan menjadi semakin baik (b) Berdasarkan uji hipotesis, terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara pembelajaran CRA dan pebelajaran konvensional (c) Peningkatan penalaran matematis siswa yang menggunakan pendekatan CRA termasuk kriteria sedang, sedangkan peningkatan penalaran matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional termasuk kriteria rendah (d) faktor pendekatan pembelajaran dan tingkat PAM siswa memberikan pengaruh terhadap pencapaian kemampuan penalaran matematika siswa, tetapi tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan PAM siswa (e) Berdasarkan analisis data skala sikap, sebagian besar siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan CRA, hal ini dapat dilihat dari rata-rata sikap siswa lebih besar dari pada sikap netral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penalaran matematis; CRA; PAM;
Subjects: Linguistics > Mathematical Linguistics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:51
Last Modified: 04 Jan 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17821

Actions (login required)

View Item View Item