Kontribusi keluarga terhadap pendidikan remaja: studi deskriptif di Dusun Cilopang Girang Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang

Pertiwi, Siti Aisah (2017) Kontribusi keluarga terhadap pendidikan remaja: studi deskriptif di Dusun Cilopang Girang Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)

Abstract

Pendidikan adalah laksana ekperimen yang tidak pernah selesai sampai kapanpun sepanjang ada kehidupan manusia didunia ini. Dikatakan demikian karena pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan dan peradaban manusia yang selalu mengalami perkembangan, Maka dengan adanya kontibusi yang diberikan keluarga terhadap pendidikan Remaja agar anak remaja bisa berguna untuk masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontibusi yang diberikan keluarga kepada Remaja dan Faktor apa saja yang melatarbelakangi Keluarga tidak menyekolahkan Remaja kejenjang perguruan tinggi diMasyarakat Dusun Cilopang Girang Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang. Teori yang digunakan adalah teori Stuktural Fungsional Robert K. Merton yang mana pengambilan teori Stuktural Fungsional dalam penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis Fungsi dan Disfungsi suatu keluarga dalam membimbing dan mendidikan anaknya dalam hal pendidikan. Yang mana masa remaja merupakan masa yang rentan akan pengaruh-pengaruh buruk dari lingkungannya seperti tidak maunya anak remaja untuk melanjutkan Pendidikan Keperguruan Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif, dimana metode ini lebih memfokuskan pada gambaran semata dan pengolahan data yang diperoleh dari hasil pengamatan serta data yang diperoleh dilapangan, dengan teknik pengumpulan data observasi partisipasi, Wawancara Mendalam, Dokumentasi dan Studi Kepustakaan. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa, Kontribusi yang diberikan Keluarga kepada Remaja mengalami Disfungsi dikarenakan ada Dua Faktor yang melatarbelakangi Keluarga tidak memberikan pendidikan yang tinggi yaitu Faktor Internal dan Faktor Eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keluarga; Pendidikan; Remaja;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 04 Jan 2019 08:54
Last Modified: 04 Jan 2019 08:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17828

Actions (login required)

View Item View Item