Pertukaran sosial mahasiswa kuliah kerja nyata mahasiswa (KKM) terhadap masyarakat Desa: studi deskripsi pertukaran sosial dalam kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dengan masyarakat Desa Benteng, Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta

Nurcahya, Ai Siti (2017) Pertukaran sosial mahasiswa kuliah kerja nyata mahasiswa (KKM) terhadap masyarakat Desa: studi deskripsi pertukaran sosial dalam kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dengan masyarakat Desa Benteng, Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, oleh karena itu manusia perlu berinteraksi dengan manusia lainnya. Pertukaran sosial ini terjadi pada manusia yang saling berinteraksi baik itu antar keluarga, teman, sahabat, mahasiswa dengan dosen, mahasiswa dengan mahasiswa, dan mahasiswa dengan masyarakat. Pertukaran sosial ini juga bisa terjadi dimana saja, dengan begitu pertukaran sosial ini tidak bisa dihindari karena semua manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain dengan adanya imbalan atau timbal balik bisa disebut dengan simbiosis mutualisme. Tujuan dilakukan penilitian ini adalah untuk mengetahui pertukaran sosial yang terjadi di antara mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKM) dengan Masyarakat desa, selain itu penulis juga bertujuan untuk mengetahui apa yang dipertukarkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKM) dengan mmasyarakat desa. Dalam penilitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif, yaitu sebagai prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang di alami. Penelitian ini bersifat deskriptif, maksudnya menggambarkan peristiwa atau kejadian yang ada di lapangan tanpa mengubah menjadi angka maupun simbol, kalaupun ada angka-angka sifatnya hanya sebagai penunjang. Teori yang digunakan dalam peneliti ini adalah teori pertukaran sosial (Social Exchange Teory) dari M. Blau tentang pertukaran sosial: Pertama, membedakan kelompok besar (organisasi) dengan kelompok kecil (individu yang merupakan bagian dari organisasi atau menut Homans perilaku individu), Kedua, pertukran sosial berlangsung antar individu dengan kelompok. Ketiga, nilai norma sebagai perantara atau media dalam aktivitas individu dan kelompok tersebut. Hasil penelitian ditemukan bahwa kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKM) Universitas Islam Negeri Bandung terjadilah interaksi dengan masyarakat Desa Benteng yang merupakan Proses Asosiatif dimana dalam bentuk asosiaif ini ada bentuk kerjasama dalam pembangunan saung baca dan ronda malam, yang menghasilkan terjadinya pertukaran sosial. Pertukaran sosial yang dipertukarkan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKM) kepada masyarakat desa Benteng yaitu pengembangan pemahaman mengenai ilmu pendidikan formal mengajar di SDN Benteng dan Paud dan informal bimbingan belajar, pemahaman ilmu Keagamaan mengajar ngaji di Pesantren Madani, Bahrul Ulum dan Pengajian Ibu maemunah, dan pemahaman ilmu ekonomi yaitu penyuluhan pertanian untuk memahami cara pemasaran dari hasil pertanian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KKM; Sosial; Masyarakat;
Subjects: Factors Affecting Social Behaviour
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 04 Jan 2019 08:47
Last Modified: 04 Jan 2019 08:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17835

Actions (login required)

View Item View Item