Analisis gerakan sosial dalam menolak pembangunan industri sepatu : Studi kasus tentang gerakan sosial GMPeDe (Gerakan Masyarakat Peduli Desa) di Desa Cijolang, Kecamatan Blubur Limbangan, Kabupaten Garut

Islami, Fahmi Bagus (2018) Analisis gerakan sosial dalam menolak pembangunan industri sepatu : Studi kasus tentang gerakan sosial GMPeDe (Gerakan Masyarakat Peduli Desa) di Desa Cijolang, Kecamatan Blubur Limbangan, Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rencana pembangunan industri sepatu yang direncanakan oleh perusahaan PT. Pratama Abadi di Desa Cijolang yang mendapatkan respon penolakan dari masyarakat setempat. Penolakan tersebut dilatar belakangi oleh ketidakinginan masyarakat karena khawatir akan dampak negatif yang akan diterima di masyarakat Desa Cijolang dari pembangunan industri. GMPeDe adalah sebuah organisasi gerakan sosial yang dibentuk untuk mewadahi aspirasi masyarakat Desa Cijolang yang menolak pembangunan industri di Desa Cijolang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses terbentuknya GMPeDe di Desa Cijolang, (2) Aksi penolakan yang dilakukan GMPeDe dan masyarakat Desa Cijolang terhadap pembangunan industri sepatu di Desa Cijolang, dan (3) Hasil analisis gerakan sosial yang dilakukan GMPeDe dalam penolakannya terhadap pembangunan industri sepatu di Desa Cijolang. Penelitian menggunakan teori gerakan intelektual organik dari Antonio Gramsci. Gerakan Intelektual yang berasal dari kelas tertentu yang berpikir dan mengorganisir kelas tertentu. Kelompok ini berpenetrasi sampai ke massa. Bagi kaum sipil, intelektual ini jadi agen utama untuk memperjuangkan hak-haknya dengan partai/organisasi sebagai wadah perkumpulannya. Dalam artian, intelektual berfungsi untuk mengemansipasi masyarakat sipil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang mendeskripsikan hasil dari analisa tentang gerakan sosial GMPeDe secara terpirinci tentang penolakannya terhadap pembangunan pabrik industri sepatu di Desa Cijolang dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer meliputi informan yang diwawancarai yaitu Struktur Organisasi GMPeDe, dan masyarakat Desa Cijolang. Sumber sekunder berupa buku dan literatur yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penolakan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Cijolang diaspirasikan oleh organisasi GMPeDe sebagai wadah yang bisa melakukan penolakan sampai ke pihak pemegang kebijakan. Sebelum isu rencana pembangunan industri di Desa Cijolang, organisasi GMPeDe sudah melakukan kegiatan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan kebudayaan di Desa Cijolang dengan cara memberikan pemberdayaan dan mengadakan diskusi kepada warga secara langsung maupun dengan berbagai media lainnya. Dari awal terbentuknya organisasi GMPeDe sekitar tahun 2015 sampai pada akhir tahun 2017 masyarakat bisa memahami apa yang menjadi tujuan dari GMPeDe dan akhirnya masyarakat juga ikut serta dalam aksi penolakan pembangunan industri di Desa Cijolang sampai sekarang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Sosial; Penolakan; Pembangunan Industri
Subjects: Social Process
Social Process > Social Change
Social Process > Conflict Social
Social Process > Conflict Resolution
Factors Affecting Social Behaviour > Movement of People
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fahmi Islami
Date Deposited: 17 Jan 2019 03:56
Last Modified: 17 Jan 2019 03:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17854

Actions (login required)

View Item View Item