Pengaruh metode Resource Based Learning (RBL) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa: penelitian eksperimen di kelas VII SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung pada pokok bahasan segiempat

Sa’adah, Wahidah Siti (2014) Pengaruh metode Resource Based Learning (RBL) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa: penelitian eksperimen di kelas VII SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung pada pokok bahasan segiempat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis siswa dinilai masih rendah. Hal tersebut salah satunya disebabkan guru di sekolah cenderung menggunakan pembelajaran konvensional yang membuat siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalah tersebut. Pembelajaran dengan metode Resource Based Learning (RBL) menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMPN 1 Cileunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) Gambaran proses pembelajaran dengan metode RBL. (b) Pengaruh metode RBL secara individu, metode RBL secara berkelompok dan metode konvensional terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. (c) Perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan metode RBL secara individu, metode RBL secara berkelompok dan metode konvensional. (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode RBL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan instrumen nontes. Setelah dilaksanakan observasi, data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Gambaran aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dengan metode RBL mengalami peningkatan menjadi semakin baik. (b) Pengaruh metode RBL secara individu maupun berkelompok dan metode konvensional ditunjukan dengan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan metode RBL secara individu maupun berkelompok memiliki kriteria sedang dan siswa dengan metode konvensional memiliki kriteria rendah. (c) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang metode RBL secara individu, metode RBL secara berkelompok dan metode konvensional. (d) Sebagian besar siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran dengan metode RBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Resource Based Learning (RBL); kemampuan pemahaman matematis siswa; Segi empat;
Subjects: Analysis, Theory of Functions > Special Functions
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 08 Jan 2019 03:10
Last Modified: 08 Jan 2019 03:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17901

Actions (login required)

View Item View Item