Pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap efektivitas pengelolaan keuangan daerah di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bandung

Wardiani, Anggit Saktiana (2018) Pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap efektivitas pengelolaan keuangan daerah di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan keuangan daerah masih menjadi sorotan utama di era otonomi daerah ini. Otonomi daerah memiliki dua aspek kinerja keuangan yang dituntut agar lebih baik. Pertama, daerah diberi kewenangan mengurus pembiayaan dengan kekuatan utama pada kemampuan Pendapatan Asli Daerah. Kedua, di sisi manajemen pengeluaran daerah, bahwa pengelolaan keuangan daerah harus lebih akuntabel dan transparan tentunya menuntut daerah agar lebih efisien dan efektif dalam pengeluaran daerah. Pengelolaan keuangan daerah berlaku untuk seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia, termasuk Kabupaten Bandung. Kabupaten Bandung dituntut untuk meningkatkan efektivitas roda pemerintahan dalam pengelolaan keuangan daerah yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah, dalam meningkatkan pengelolaan ini salah satunya dilaksanakan oleh Dinas PUPR Kabupaten Bandung. Akan tetapi kenyataannya pengelolaan yang dilakukan masih kurang efektif, kurang efektifnya tersebut yaitu tidak tercapainya pendapatan yang belum sepenuhnya mencapai target dan juga menyebabkan kemampuan daerah belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterlibatan individu dan kontribusi dapat mempengaruhi efektivitas pengelolaan keuangan daerah di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bandung. Penulis menggunakan teori partisipasi penyusunan anggaran dari Milani, dimana partisipasi penyusunan anggaran dapat diukur berdasarkan: (1) keterlibatan individu dan (2) kontribusi. Sedangkan teori efektivitas pengelolaan keuangan daerah penulis menggunakan teori Mahmudi, dimana pengelolaan keuangan daerah agar dapat dicapai dengan efisien dan efektif terdiri dari (1) Akuntabilitas, (2) Value For Money, (3) Kejujuran, (4) Transparansi, dan (5) Pengendalian. Metode penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran kuisioner kepada 35 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah pengujian validitas, pengujian reliabilitas, analisis regresi berganda, analisis uji parsial (uji t), analisis uji simultan (uji f) dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian keterlibatan individu (X1) dan kontribusi (X2), berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pengelolaan keuangan daerah di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bandung. Adapun dua dimensi tersebut memperoleh R Square sebesar 30,3% (cukup kuat) sedangkan sisanya 69,7% di pengaruhi faktor diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Penyusunan Anggaran; Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah; Pemerintah Daerah;
Subjects: Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Anggit Saktiana
Date Deposited: 08 Jan 2019 04:27
Last Modified: 08 Jan 2019 04:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17912

Actions (login required)

View Item View Item