Penerapan strategi internalisasi nilai nilai akhlak dalam pembelajaran Agama Islam (Penelitian Pada Fakultas Agama Islam Universitas Garut)

NAPISAH, NENENG (2012) Penerapan strategi internalisasi nilai nilai akhlak dalam pembelajaran Agama Islam (Penelitian Pada Fakultas Agama Islam Universitas Garut). Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (940kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Dampak teknologi yang berkembang cepat kurang diimbangi oleh kehandalan lembaga pendidikan dalam membekali sistem nilai kehidupan yang komperehensif. Walaupun secara makro kelemahan pembelajaran nilai dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal yang terjadi di masyarakat kita, penyebab kelemahan pendidikan nilai juga diakibatkan oleh inkonsistensi antara tujuan pendidikan sebagai cita-cita dengan praktik pendidikan sebagai realitas. Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam proses pembelajaran merupakan bagian penting yang perlu dikembangkan agar ilmu yang diperoleh peserta didik lebih bermakna. Karena inti pendidikan adalah pembentukan akhlak. Hal ini sesuai dengan falsafah negara Indonesia yaitu Pancasila, inti Pancasila ialah keimanan, keimanan berarti harus beriman, harus beriman berarti harus beragama, inti agama adalah akhlak. Masalah penelitian ini meliputi kebijakan dan program, penerapan, kendala dan solusi serta keberhasilan penerapan strategi internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran agama Islam di FAI UNIGA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik dengan menempatkan peneliti sebagai instrumen. Sumber data primer yang digali dari hasil wawancara dengan civitas akademika Fakultas Agama Islam Universitas Garut terutama Dosen dan Mahasiswa dalam mengidentifikasi terhadap tema dan pokok masalah yang terkandung di dalamnya dan data dari hasil observasi dari penerapan strategi nilai-nilai akhlak di fakultas agama Islam Universitas Garut khususnya untuk lebih memudahkan dilakukan analisis yang mendalam. Sumber data sekunder yang digunakan berasal dari dokumentasi, karya tulis baik berupa artikel, jurnal dan buku-buku yang berkaitan dengan kajian penelitian yaitu penerapan strategi nilai-nilai akhlak. Data dikumpulkan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya direduksi, dianalisis dan diverifikasi. Dari hasil penelitian terungkap bahwa Kebijakan dan program penerapan strategi internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran Agama Islam di Fakultas Agama Islam merupakan operasionalisasi kebijakan-kebijakan Universitas disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan dengan merumuskannya ke dalam berbagai kegiatan akademik maupun non akademik sesuai dengan kerangka tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat), diantaranya dapat dilihat dari penetapan tata tertib mahasiswa yang memuat aturan-aturan tentang hak, kewajiban, pelanggaran serta sanksi bagi mahasiswa. Untuk lebih memberi makna pembelajaran di kelas, sejumlah dosen mata kuliah Agama Islam sering mengadakan diskusi tentang pengalaman mengajar mereka di kelas dengan diadakan diskusi dosen, bahkan dalam kesempatan rapat atau sengaja mengadakan seminar atau work shop yang menghasilkan konsensus-konsensus bersama dalam penggunaan buku sumber, penegakan disiplin, pengembangan metode pembelajaran, dan sistem evaluasi hasil. Penerapan strategi internalisasi dalam pembelajaran Agama Islam mengembangkan nilai-nilai akhlak yang terdiri dari nilai ilahiyah dan nilai insaniyah. Adapun strategi internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran Agama Islam diterapkan dengan peneladanan, pembiasaan, pemotivasian, penegakan aturan dan pembelajaran.Kendala-kendala dalam penerapan strategi internalisasi nilai-nilai akhlak ditemukan terdapat lima hal yaitu; 1)Kendala lingkungan dan teknologi informasi, 2) Kendala memahami visi dan misi pendidikan, 3) Kendala dalam kebijakan, 4) Kendala dalam kurikulum pendidikan agama Islam dengan pengalaman belajar yang bervariasi. dan 5) Kendala evaluasi belajar. Keberhasilan strategi ini terlihat dari Perubahan perilaku antara lain berkaitan dengan penampilan berpakaian, pengetahuan, komitmen beragama, kedisiplinan sehingga pembelajaran menjadi kondusif dan akses kegiatan keagamaan ke luar kampus.Adapun temuan penelitian ini penerapan strategi internalisasi nilai-nilai akhlak dalam pembelajaran harus dilakukan secara integral dan bersamaan tidak boleh parsial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Akhlaq ; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Social Theology and Interreligious Relations and Attitudes
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 08 Jan 2019 07:37
Last Modified: 08 Jan 2019 07:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17920

Actions (login required)

View Item View Item