Perancangan aplikasi pencarian lokasi pondok pesantren terdekat se-Jawa Barat menggunakan Algoritma Haversine Formula dan Euclidean Distance berbasis android: Studi kasus Kementerian Agama Jawa Barat

Abidin, Rudi Zaenal (2018) Perancangan aplikasi pencarian lokasi pondok pesantren terdekat se-Jawa Barat menggunakan Algoritma Haversine Formula dan Euclidean Distance berbasis android: Studi kasus Kementerian Agama Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak .pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Mengetahui ilmu agama islam secara lebih dalam sangatlah penting bagi diri sendiri maupun orang lain, dengan memperdalam agama dapat meningkatkan iman dan taqwa seseorang menjadi lebih baik. Pondok pesantren merupakan salah satu sarana yang bisa digunakan untuk banyak belajar mengenai agama islam. Untuk wilayah Jawa Barat terdapat kurang lebih sebanyak 7.910 pondok pesantren dengan berbagai aliran pondok pesantren. Namun, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui pondok pesantren yang berada di Jawa Barat serta tidak mengetahui lokasinya. Dengan adanya permasalahan tersebut dibuatlah sebuah aplikasi untuk mengoptimalkan kemampuan perangkat smartphone khususnya berbasis android, dimana aplikasi yang akan dibuat memberikan informasi-informasi mengenai pondok pesantren dan juga peta letak pondok pesantren yang berada di Jawa Barat. Aplikasi yang akan dibuat memanfaatkan metode Haversine formula dan Euclidean Distance dengan cara membandingkan kedua metode tersebut sehingga mendapatkan hasil yang baik dan metode tersebut menggunakan perhitungan Longitude dan Latitude. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan algoritma Haversine formula dan Euclidean distance pada aplikasi pencarian lokasi terdekat berhasil dibangun dan dapat digunakan untuk mencari pondok pesantren yang berada di Jawa barat sehingga masyarakat dapat dengan mudah memilih dan mencari pondok pesantren terdekat dengan menggunakan android. Algoritma haversine formula dan Euclidean distance dapat memberikan keakurasian jarak menuju lokasi. Namun algoritma Euclidean distance lebih akurat dari pada haversine formula karena perbedaannya cukup tipis yaitu 0,07 km.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografis; Algoritma Haversine Formula; Aeuclidean Distance; Android
Subjects: Data Processing, Computer Science
Numerical Analysis > Algorithms
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: rudi zaenal abidin
Date Deposited: 17 Jan 2019 06:52
Last Modified: 17 Jan 2019 06:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17923

Actions (login required)

View Item View Item