Penerapan model pembelajaran bridging analogy untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan pengukurannya

Marlina, Dede Reni (2013) Penerapan model pembelajaran bridging analogy untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan pengukurannya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)

Abstract

Berdasarkan hasil survey pada siswa SMPN 4 Langkaplancar Kab. Pangandaran bahwa pembelajaran fisika yang telah dilaksanakan oleh guru sudah baik tetapi ada perlu ditingkatkan yaitu pada aspek keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu alternatif yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran bridging analogy. Model ini merupakan model pembelajaran yang menggunakan analogi untuk memahami suatu konsep fisika, sehingga siswa bukan hanya berperan sebagai penerima pelajaran melalui penjelasan guru secara verbal, tetapi siswa berperan untuk berpikir kritis, logis, dan analitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran bridging analogy dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran bridging analogy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest posttest (Sugiyono,2012:109). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-D. Keterampilan berpikir kritis dalam penelitian ini terdiri dari lima aspek dan terdiri dari 12 subpokok keterampilan yang diperoleh melalui hasil pretest dan posttest dengan menggunakan soal uraian yang berjumlah 12 soal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan model pembelajaran bridging analogy berkategori sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan 97,22. 2) keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan pada hasil uji “Wilcoxon Match Pairs Test” dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh hasil Zhitung (4,86) > Ztabel (1,96). Besarnya peningkatan keterampilan berpikir kritis dapat dilihat dari rata-rata N-Gain sebesar 0,60 berkategori sedang. Dengan demikian, model pembelajaran bridging analogy dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bridging Analogy; Keterampilan Berpikir Kritis; Suhu dan Pengukurannya;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 11 Jan 2019 03:01
Last Modified: 11 Jan 2019 03:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17974

Actions (login required)

View Item View Item