Pengaruh penerapan metode pembelajaran Reward and Punishment terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Qurán Hadis: Penelitian di Kelas XI MAN 2 Kota Bandung

Hidayatullah, Huda Ahmad Syarif (2017) Pengaruh penerapan metode pembelajaran Reward and Punishment terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Qurán Hadis: Penelitian di Kelas XI MAN 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya kasus siswa yang mengeluh mengenai kepuasan setelah pembelajaran. Mayoritas dari mereka merasakan kejenuhan dalam belajar karena tidak menemukan motivasi untuk menerima materi pelajaran. Tentu jika motivasi menurun, akan berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Kepuasan yang kuran g setelah belajar ini didasari oleh banyak faktor, diantaranya bisa dari kompetensi guru, faktor internal dan eksternal motivasi diri siswa, kejenuhan metode pembelajaran, dan lain sebagainya. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Desain penerapan metode Reward and Punishment; 2) Pengaruh penerapan metode Reward and Punishment terhadap motivasi belajar siswa; 3) Pengaruh penerapan metode Reward and Punishment terhadap hasil belajar siswa; 4) Tanggapan siswa terhadap metode Reward and Punishment. Dalam penelitian ini yang merupakan salah satu indikator pencapaian keberhasilan ialah adanya perubahan tingkah laku. Beranjak dari hal itu, maka erat kaitannya dengan teori belajar behaviorisme. Tugas guru yang paling utama adalah bagaimana membangkitkan rasa ingin tahu siswa agar tumbuh minat dan motivasinya untuk belajar. Dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa tidaklah lepas dari peran seorang guru yang merupakan pusat pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen, yaitu seuatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian eksperimen semu dapat diartikan sebagai penelitian yang mendekati eksperimen atau jenis penelitian yang tidak memungkinkan untuk mengontrol dan memanipulasi semua variabel yang relevan secara penuh. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa sebelum menggunakan metode reward and punishment ini siswa merasakan motivasi yang kurang dan hasil belajar yang kurang baik. Hal ini didasari dari ketidakpuasan belajar siswa setelah pembelajaran Quran Hadis. Setelah melaksanakan metode pembelajaran reward and punishment dampaknya sungguh diluar dugaan, yakni siswa merasa sangat tertantang untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Dengan merasa tertantangnya siswa, maka motivasi belajar menjadi semakin naik dan sangat berdampak pada hasil belajar yang diperoleh. Hal ini menandakan bahwa metode ini layak dijadikan sebagai salah satu acuan dalam pembelajaran Quran Hadis yang menekankan hafalan dan pemahaman lebih. Penghambat dalam ketiadakpuasan belajar dari siswa adalah kurangnya dorongan dari internal maupun eksternal siswa. Pada faktanya, awal pembelajaran sebelum menerapkan metode ini, begitu terlihat kurang berminatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran Quran Hadis. Kemudian adapun faktor pendukung dalam keberhasilan penelitian ini adalah adanya kemauan siswa untuk merubah motivasi belajar Quran Hadis menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran reward and punishment
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Ahmad Huda
Date Deposited: 11 Jan 2019 07:56
Last Modified: 11 Jan 2019 07:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/17980

Actions (login required)

View Item View Item