Peranan KH. Yusuf Salim Faqih dalam pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Baitul Arqom Al-Islami Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung (1981-2009)

Masrifah, Evi (2012) Peranan KH. Yusuf Salim Faqih dalam pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Baitul Arqom Al-Islami Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung (1981-2009). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV & BAB V)
7_bab4&5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)

Abstract

KH. Yusuf Salim Faqih adalah seorang ulama kharismatik asal Kampung Lemburawi Desa Maruyung Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kemampuannya dalam penguasaan ilmu-ilmu keislaman ditambah dengan bahasa Arab memberikan pengaruh besar terhadap para santri di Pesantren Baitul Arqom. Karya nyata yang telah dilakukan beliau adalah mendirikan Lembaga Bahasa Arab di Pesantren Baitul Arqom yang bergerak dalam pengembangan kemahiran bahasa Arab. Atas dasar itulah, penulis merumuskan dalam tiga permasalahan: pertama, bagaimana riwayat hidup K.H. Yusuf Salim Faqih; kedua, bagaimana peranan K.H. Yusuf Salim Faqih dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Baitul Arqom Al-Islami Kecamatan Pacet (1981-2009); ketiga, perkembangan bahasa Arab di Pesantren Baitul Arqom Al-Islami dari tahun 1981-2009. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui riwayat hidup K.H. Yusuf Salim Faqih; kedua, peranan K.H. Yusuf Salim Faqih dalam pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Baitul Arqom Al-Islami Kecamatan Pacet (1981-2009); dan ketiga untuk mengetahui perkembangan bahasa Arab di Pesantren Baitul Arqom Al-Islami dari tahun 1981-2009. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut; heuristik (pengumpulan sumber-sumber primer dan sekunder), kritik (intern dan ekstern), interpretasi (menafsirkan dan menguraikan sumber-sumber sejarah), dan historiografi (penulisan sejarah). Dari hasil penelitian ini dapat diungkapkan bahwa K.H Yusuf Salim Faqih lahir pada tanggal 10 Agustus 1948 dari pasangan K.H Ahmad Faqih dengan Hj. Maryam diKampung Lemburawi Desa Maruyung Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sejak kecil beliau belajar ilmu agama dari ayahnya KH. Ahamad Faqih. Selain itu beliau pun belajar di Sekolah Rakyat (SR), kemudian merantau ke beberapa pesantren, bahkan sampai ke Timur Tengah. Hal itu dimaksudkan agar dalam kepribadian K.H Yusuf Salim Faqih menjadi orang yang baik dan berintelektual tinggi. Oleh karena itu, karena kemampuan intelektual tinggi yang dimilikinya beliau bisa membuat hasil karya yaitu buku Muhaadatsah al-Yaumiyyah Bi al-lughoh al-‘Arobiyyah (Percakapan Bahasa Arab ‘Amiyah/Pasaran) sebagai buku rujukan dalam belajar bahasa Arab. Peranan K.H Yusuf Salim Faqih dalam pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Baitul Arqom diwujudkan melalui pendirian Lembaga Bahasa Arab (LBA) pada tahun 1981. Dalam proses pengembangannya KH. Yusuf Salim Faqih menggunakan Metode Orientasi dan Percakapan dengan pendekatan Aural-Oral. LBA ini pun merupakan area untuk memupukkan kemahiran berbahasa Arab para santri. Taraf kemahiran bahasa Arab di Pesantren Baitul Arqom menjadikan pesantren ini disebut sebagai ma’had al-lughah al-‘Arobiyyah atau pesantren bahasa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Baitul Arqom; pembelajaran bahasa Arab;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
History of Southeast Asia > History of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2016 09:20
Last Modified: 26 Feb 2019 08:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item