Penerapan metode pembelajaran Investigative Science Learning Environment (ISLE) untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa pada materi tekanan: Penelitian pre-eksperiment di kelas VIII-2 SMPN 1 Waluran

Supriatna, Eka Puspita (2014) Penerapan metode pembelajaran Investigative Science Learning Environment (ISLE) untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa pada materi tekanan: Penelitian pre-eksperiment di kelas VIII-2 SMPN 1 Waluran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 1 Waluran kelas VIII, menunjukkan bahwa siswa jarang melakukan praktikum, sehingga keterampilan-keterampilan dasar dalam melakukan kegiatan bereksperimen masih rendah dan perlu mendapatkan perhatian. Salah satu keterampilan dasar yang perlu dikembangkan adalah keterampilan generik sains (generic skills). Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan metode pembelajaran ISLE. Metode ISLE merupakan metode pembelajaran interaktif yang membantu siswa mempelajari fisika dengan cara terlibat dalam proses yang mencerminkan kegiatan fisikawan ketika mereka membangun dan menerapkan pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pada materi tekanan dengan menggunakan metode pembelajaran ISLE dan peningkatan keterampilan generik sains siswa setelah diterapkan metode pembelajaran ISLE pada materi tekanan. Metode penelitiannya adalah pre-eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-2 SMP N 1 Waluran. Populasinya yaitu seluruh kelas VIII yang berjumlah enam kelas dengan teknik pengambilan sampel random sampling dimana sampel yang diambil adalah kelas VIII-2 sebanyak 30 siswa. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh melaui lembar observasi, sedangkan data peningkatan KGS diperoleh melalui tes soal pilihan ganda. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan aktivitas guru dan siswa selama menggunakan metode pembelajaran ISLE mengalami peningkatan dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 87,04 % dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa 91,25 % dengan kategori sangat baik. Terdapat peningkatan KGS siswa sebesar 0,59 dikategorikan sedang. Dengan demikian, metode pembelajaran ISLE dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan KGS siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ISLE; keterampilan generik sains; tekanan;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 16 Jan 2019 03:04
Last Modified: 16 Jan 2019 03:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18045

Actions (login required)

View Item View Item