Model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem solving (TAPPS) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi tekanan: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII A SMPI Al-Maliyah Sukatani-Bekasi

Erlangga, Erwin (2014) Model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem solving (TAPPS) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi tekanan: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII A SMPI Al-Maliyah Sukatani-Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)

Abstract

Hasil observasi di SMPI Al-Maliyah Sukatani-Bekasi diperoleh bahwa proses pembelajaran fisika selama ini kegiatannya lebih banyak terfokus pada guru. Materi tekanan mempunyai nilai rata-rata pemahaman konsep yang sangat rendah diantara materi lainnya yaitu sebesar 40,25. Dengan demikian, pemahaman konsep siswa perlu ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Model pembelajaran TAPPS adalah model pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: keterlaksanaan model pembelajaran TAPPS untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi tekanan dan peningkatan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran TAPPS pada materi tekanan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMPI Al-Maliyah Sukatani-Bekasi. Populasi seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah lima kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dimana sempel yang diambil adalah kelas VIII-A sebanyak 43 siswa. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan aktivitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran TAPPS mengalami peningkatan pada tiap pertemuannya dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 69,80% dengan kategori baik dan aktivitas siswa sebesar 66,24% dengan kategori baik. Begitu juga terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkannya model pembelajaran TAPPS dengan peningkatan sebesar 0,45 yang termasuk kedalam kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran TAPPS dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS); pemahaman konsep; takanan;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 16 Jan 2019 06:31
Last Modified: 16 Jan 2019 06:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18058

Actions (login required)

View Item View Item