Penerapan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi getaran dan gelombang

Farhanillah, Fauzan (2014) Penerapan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi getaran dan gelombang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor, terdapat fakta bahwa pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA Fisika masih tergolong rendah. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung beberapa siswa yang cenderung pasif, kebanyakan hanya sebatas duduk, mendengar, dan menulis kembali apa-apa yang dipaparkan oleh guru sehingga konsep yang ia peroleh bukanlah hasil penemuannya sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkanlah model pembelajaran CUPs yang bertujuan untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran IPA Fisika dan peningkatan pemahaman konsep pada materi getaran dan gelombang. Penelitian dilakukan di MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B berjumlah 34 sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data mengenai keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi dan data pemahaman konsep siswa diperoleh menggunakan tes tertulis bentuk soal uraian. Dari hasil penelitian data yang diperoleh: (1) Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa berada pada kriteria sangat baik yaitu keterlaksanaan aktivitas guru 91,87% dan siswa adalah 89,15%. (2) Terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa dengan n-gain 0,75 dengan kategori tinggi dan berdasarkan uji t didapat thitung = 21,635 > ttabel = 2,035 pada taraf signifikansi 0,05. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan pemahaman konsep yang sangat signifikan pada materi getaran dan gelombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: conceptual understanding procedures (CUPs); pemahaman konsep; getaran; gelombang;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 16 Jan 2019 07:53
Last Modified: 16 Jan 2019 07:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18059

Actions (login required)

View Item View Item