Penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain-Write (POEW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis: Penelitian pra-eksprerimen di kelas X MA Negeri Sukajadi Ciamis

Firdaus, Hilman Panji (2014) Penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain-Write (POEW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis: Penelitian pra-eksprerimen di kelas X MA Negeri Sukajadi Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MA Negeri Sukajadi kelas X, Kabupaten Ciamis menunjukkan bahwa siswa umumnya tidak merasa tertarik dengan mata pelajaran Fisika. Terdapat “jarak” antara siswa yang antusias belajar Fisika dengan keseluruhan siswa di dalam kelas sehingga pembelajaran terkesan pasif. Hal ini juga berdampak pada pencapaian nilai rata-rata kelas pada materi Listrik Dinamis tahun pelajaran 2012/2013 yang masih di bawah nilai KKM. Solusi yang diajukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Predict-Obseve-Explain-Write (POEW). Model pembelajaran POEW merupakan hasil pengembangan dari model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: aktivitas guru dan siswa pada penerapan model pembelajaran POEW dan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran POEW pada materi Listrik Dinamis. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental, dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini berlokasi di MA Negeri Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, dengan populasi yaitu seluruh kelas X yang berjumlah lima kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X5 yang mana diperoleh dengan teknik simple ramdom sampling. Data mengenai aktivitas guru dan siswa didapat melalui lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa melalui tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Keterlaksanaan model pembelajaran POEW selama tiga kali pertemuan mengalami peningkatan. Untuk aktivitas guru dan siswa, keduanya terlaksana dengan kategori baik, dengan persentase keterlaksanaan masing-masing secara berurutan adalah 78,46% dan 75,86%. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi Listrik Dinamis dengan menggunakan model pembelajaran POEW yang diterapkan pada kelas X5 MA Negeri Sukajadi, Pamarican, Ciamis. Hal ini ditandai dengan nilai Zhitung = 4,11 yang lebih besar dari nilai Ztabel = 1,65. Adapun besar peningkatan yang diperoleh berasal dari rata-rata nilai n-gain sebesar 0,35 secara keseluruhan, yang mana termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran POEW; hasil belajar; Listrik Dinamis;
Subjects: Electricity
Modern Physics > Structure of Matter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 18 Jan 2019 06:55
Last Modified: 18 Jan 2019 06:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18127

Actions (login required)

View Item View Item