Model pembelajaran multidimensional untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) siswa pada materi kalor: Penelitian quasi eksperimen di kelas X SMAN I Pacet kab. Cianjur

Sartika, N. Santi (2013) Model pembelajaran multidimensional untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) siswa pada materi kalor: Penelitian quasi eksperimen di kelas X SMAN I Pacet kab. Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari hasil observasi selama proses pembelajaran yang berlangsung di SMAN I Pacet kab. Cianjur yang menunjukan bahwa metode yang disampaikan guru masih kurang bervariasi, sehingga kebanyakan siswa masih mempunyai asumsi bahwa fisika itu sulit dan tidak mengasyikan, identik dengan hitungan matematis rumit, sarat dengan rumus-rumus sehingga siswa menjadi verbal dan esensi fisika sebagai sains eksperimental menjadi jauh dari kenyataan. Hal ini mengakibatkan KBK siswa pada mata pelajaran fisika tergolong rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan KBK siswa dalam pembelajaran fisika adalah dengan menerapkan model pembelajaran multidimensional. Model pembelajaran multidimensional merupakan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk ikut terlibat dalam suatu permasalahan dan menjadikan siswa sebagai partisifan aktif dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran multidimensional dan peningkatan KBK siswa dengan implementasi model pembelajaran multidimensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design . Penelitian ini dilakukan di siswa kelas X SMAN I Pacet kab. Cianjur. Teknik penarikan sampelnya menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan cara diundi diperoleh sampel kelas X-5 sebanyak 30 orang. Data hasil peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh melalui pretest dan postest kemudian dicari peningkatannya dengan menggunakan N-Gain, data mengenai keterlaksanaan model pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi. Berdasarkan analisis lembar observasi diperoleh bahwa keterlaksanaan aktivitas pembelajaran mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya yaitu dengan rata-rata keterlaksanaan sebesar 98,41%. Berdasarkan analisis data terhadap hasil pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa rata-rata persentase peningkatan berpikir kritis siswa termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,73. Dengan demikian model pembelajaran multidimensional dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan KBK siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: multidimensional; Keterampilan Berpikir Kritis (KBK); kalor;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 21 Jan 2019 02:19
Last Modified: 21 Jan 2019 02:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18155

Actions (login required)

View Item View Item