Terapi jiwa melalui siraman rohani Islam: Penelitian di Yayasan Rehabilitasi Mental & Jiwa Prima Harapan Jl. Ciguruwik Kp. Cikoneng 3 Ds. Cibiru Wetan Kec. Cileunyi Kab. Bandung

Muslim, Faisal Bukhori (2016) Terapi jiwa melalui siraman rohani Islam: Penelitian di Yayasan Rehabilitasi Mental & Jiwa Prima Harapan Jl. Ciguruwik Kp. Cikoneng 3 Ds. Cibiru Wetan Kec. Cileunyi Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (DAFATR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Kemajuan material yang dikonsumsi manusia dewasa ini teranyata tidak diikuti dengan perkembangan nilai-nilai ruhiyah, bahkan disana-sini tampak kegersangan pada manusia. Sebagai makhluk yang memiliki kesadaran, manusia menyadari adanya problem yang mengganggu kejiwaannya. Kemudian sejarah manusia juga mencatat adanya upaya untuk mengatasi problem tersebut. Upaya-upaya tersebut ada yang bersifat mistik yang irrasional, dan ada yang bersifat rasional, konseptual dan ilmiah. Secara universal manusia merindukan kehidupan yang tenang baik jasmani maupun rohani, kesehatan yang bukan hanya menyangkut badan tetapi juga menyangkut kesehatan mental dan jiwa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pertama persiapan Terapi Jiwa Melalui Siraman Rohani Islam di Yayasan Rehabilitasi Mental dan Jiwa Prima Harapan. Kedua mengetahui proses Pelaksanaan Terapi Jiwa Melalui Siraman Rohani Islam di Yayasan Rehabilitasi Mental dan Jiwa Prima Harapan, dan mengetahui Hasil Yang dicapai Dari proses Terapi Jiwa Melalui Siraman Rohani Islam Di Yayasan Rehabilitasi Mental dan Jiwa Prima Harapan. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa terapi adalah upaya pengobatan yang ditujukan untuk menyembuhkan kondisi psikologis. Baik yang terkait dari permasalahan-permasalahan pasien yang berada di Yayasan Rehabilitasi Mental dan Jiwa Prima Harapan, mulai dari permasalahan yang mengalami stress, depresi, schizophrenia, bipolar, disorder dan lain-lain. Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif sehingga tidak menggunakan angka (statistics). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, sehingga diharapkan mampu memahami dan mengerti gejala yang akan diteliti. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Interview/Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Pertama persiapan, kedua proses pelaksanaan, ketiga hasil yang dicapai dari terapi jiwa melalui siraman rohani Islam, yaitu: a) Pasien mendapatkan ketenangan, kedamaian dan ketentraman didalam dirinya. Bahkan setelah mengikuti kegiatan tersebut, pasien jarang sekali mengalami keresahan dan kegelisahan, b) Pasien mengikuti dan memahami Isi materi keagamaan yang disampaikan oleh Ustad Bunyana Efendi, S.Ag selaku pembimbing dan terapis, c) Setelah mewawancarai pasien, ketika pasien bertemu dengan Ustad Bunyana Efendi, S.Ag sebagai pembimbing sekaligus terapis, pasien tersebut merasa nyaman dan selalu menginginkan dan mengikuti kegiatan siraman rohani Islam secara kelanjutan, d) Mendapatkan perkembangan pada pasien dari hasil siraman rohani Islam, e) Mengalami kesembuhan secara fisik dan psikis pada pasien, setelah mengikuti kegiatan siraman rohani Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terapi; Jiwa; Siraman Rohani; Islam;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 31 Jan 2019 06:48
Last Modified: 31 Jan 2019 06:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18171

Actions (login required)

View Item View Item