Model pembelajaran problem terbuka (open ended) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi suhu dan pengukurannya

Hidayah, Nuri (2015) Model pembelajaran problem terbuka (open ended) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi suhu dan pengukurannya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (665kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pendahuluan di SMP Negeri Satu Atap 2 Salopa Tasikmalaya ditemukan fakta bahwa masalah utama dalam pembelajaran IPA Fisika adalah kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar, keterampilan berpikir kreatif siswa masih kurang dari 30 %. Oleh sebab itu perlu adanya upaya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, khususnya mata pelajaran Fisika. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru melalui model pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended) pada materi suhu dan pengukurannya, (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa setelah model pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended) pada materi suhu dan pengukurannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-exsperimental. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri Satu Atap 2 Salopa Tasikmalaya. Populasi seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 1 kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode sampling jenuh. Pemilihan sampel ini dikarenakan kelas VII SMP Negeri Satu Atap 2 Salopa hanya satu kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi, tes keterampilan berpikir kreatif. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran fisika dalam kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan 80,37%. (2) terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi suhu dan pengukurannya dengan menerapkan model pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended) dengan perolehan rata-rata 0,46 nilai N-Gain secara keseluruhan termasuk kategori sedang. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t didapatkan thitung (20,68) > ttabel (2,045) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended) pada materi suhu dan pengukurannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Terbuka (Open Ended); keterampilan berpikir kreatif; Suhu dan pengukurannya;
Subjects: Physics > Philosophy of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 22 Jan 2019 03:49
Last Modified: 22 Jan 2019 03:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18199

Actions (login required)

View Item View Item