Penerapan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (Kokami) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi kalor: Penelitian pre - eksperimen pada kelas X SMA Negeri 1 Sukatani Kabupaten Bekasi

Puspita, Raisa Reza (2014) Penerapan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (Kokami) untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi kalor: Penelitian pre - eksperimen pada kelas X SMA Negeri 1 Sukatani Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Proses pembelajaran fisika di SMAN 1 Sukatani masih belum terlaksana dengan baik, salah satu faktor penyebabnya yaitu proses pembelajaran yang masih teacher center yaitu guru aktif dan siswa lebih pasif serta didukung dengan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Hal ini berdampak pada kemampuan penguasaan konsep yang diperoleh siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam pelajaran fisika adalah dengan penerapan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami) dan peningkatan penguasaan konsep siswa setelah penerapan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami). Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan design one group pretest posttest. Penelitian dilakukan di kelas X SMAN 1 Sukatani. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling dan yang akan dijadikan sampel adalah satu kelas yaitu X-1. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran fisika dengan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami) mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya dan terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa yang signifikan setelah diterapkan strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami) sesuai dengan hasil uji signifikansi (uji t) yang menunjukan nilai thitung (2,94 ) lebih besar daripada ttabel (2,408 ). Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,68 termasuk kategori sedang. Dengan demikian strategi pembelajaran aktif menggunakan media kotak dan kartu misterius (kokami) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kotak dan kartu misterius (Kokami); strategi pembelajaran aktif; kalor;
Subjects: Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Physics > Instrumentation of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 22 Jan 2019 06:05
Last Modified: 22 Jan 2019 06:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18208

Actions (login required)

View Item View Item