Peran petani perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga: Penelitian di Kampung Sukawening Desa Karangmulya Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut

Amilah, Lia Nur (2018) Peran petani perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga: Penelitian di Kampung Sukawening Desa Karangmulya Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji para perempuan yang berperan sebagai istri sekaligus sebagai pekerja untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Peranan yang dilakukan oleh perempuan di Kampung Sukawening dalam meningkatan perekonomian keluarga mereka yaitu dengan bekerja sebagai petani, buruh pabrik dan pedagang. Pekerjaan itu ditekuni mereka guna membantu suami meningkatkan perekonomian keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan apa saja yang dilakukan oleh petani perempuan di sektor domestik dan publik dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Kampung Sukawening Desa Karangmulya Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan teori fungsional struktural yang dikembangkan oleh Talcott Parson. Parson mengemukakan bahwa perlu adanya pemilihan peran antara laki-laki dan perempuan dalam rangka terciptanya keteraturan sosial. Dengan pemeliharaan peran antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat, pemilihan peran antara suami dan istri dalam keluarga inti akan melahirkan harmoni dan memberikan rasa tanggung jawab keduanya. Keluarga merupakan bagian penting dalam masyarakat, harmoni dan ketenangan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu sumber utama yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, adapun sumber data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan berupa referensi buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Jenis datanya adalah data kualitatif, dan analisis yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan deskriptif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis mendapatkan hasil yang menunjukan peran petani perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Kampung Sukawening Desa Karangmulya Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut, baik secara langsung maupun tidak langsung sangat kuat. Semangat para perempuan bekerja sangat besar walaupun dengan penghasilan yang kecil para petani perempuan telah ikut ambil bagian dalam menambah pendapatan keluarga dengan melakukan pekerjaan di sektor publik. Dengan bekerja istri secara otomatis perannya menjadi ganda, yaitu menjadi ibu rumah tangga dan sebagai istri yang bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Perempuan; keluarga;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Agriculture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lia Nur Amilah
Date Deposited: 22 Jan 2019 08:47
Last Modified: 22 Jan 2019 08:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18212

Actions (login required)

View Item View Item