Model pembelajaran novick untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus: Penelitian pre-eksperimen di kelas VII-B MTs Unwanul Falah Solokanjeruk Kab. Bandung

Anista, Sari (2013) Model pembelajaran novick untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus: Penelitian pre-eksperimen di kelas VII-B MTs Unwanul Falah Solokanjeruk Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari hasil observasi selama proses pembelajaran yang berlangsung di MTs Unwanul Falah Solokanjeruk Kab. Bandung yang menujukan bahwa kebanyakan siswa masih mempunyai asumsi bahwa fisika itu sulit, pembelajaran masih berpusat pada guru, proses pembelajaran masih didominasi dengan ceramah sehingga suasana pembelajaran di kelas menjadi tidak interaktif. Hal ini dapat mempengaruhi cara berpikir siswa, salah satunya adalah berpikir kritis. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika adalah dengan menerapkan model pembelajaran Novick. Model pembelajaran Novick merupakan model pembelajaran yang berawal dari konsep belajar perubahan konseptual berdasarkan pada penggunaan strategi konflik kognitif dan siswa lebih aktif mencari dan mengolah informasi sendiri berdasarkan pada pengalaman siswa sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Novick dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan implementasi model pembelajaran Novick. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-B MTs Unwanul Falah Solokanjeruk Kabupaten Bandung. Teknik penarikan sampelnya menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan cara diundi diperoleh sampel kelas VII-B. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan bahwa aktivitas siswa dan guru selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Novick mengalami peningkatan pada tiap pertemuan dan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan setelah diterapkannya model pembelajaran Novick sesuai dengan hasil uji tabel bantu Wilcoxon yang menunjukan ttabel (1,64) lebih kecil dari nilai thitung (4,28). Besarnya peningkatan keterampilan berpikir kritis yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,73. Nilai ini termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian model pembelajaran Novick dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran novick; keterampilan berpikir kritis; materi gerak lurus;
Subjects: Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Physics > Theories and Mathematical Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 22 Jan 2019 09:03
Last Modified: 22 Jan 2019 09:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18225

Actions (login required)

View Item View Item