Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep termokimia menggunakan three tier multiple choice: Penelitian deskriptif pada kelas XI IPA SMA Karya Budi Bandung

Maesyaroh, Siti (2014) Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep termokimia menggunakan three tier multiple choice: Penelitian deskriptif pada kelas XI IPA SMA Karya Budi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)

Abstract

Perkembangan pemikiran dianggap salah satu tujuan utama yang berusaha dicapai oleh para pendidik. Salah satu perkembangan pemikiran yang dapat menunjuang bagi siswa untuk mempelajari setiap konsep yang ada pada pembelajaran kimia khususnya pada konsep termokimia yaitu dengan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan pernyataan tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep termokimia serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep termokimia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Karya Budi Bandung sebanyak 28 orang yang dikelompokkan berdasarkan kelompok prestasi belajar yaitu kelompok tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes three tier multiple choice yang mengukur 3 indikator keterampilan berpikir kritis dengan 14 soal. Pengolahan data yang digunakan yaitu pengolahan data dengan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini pada indikator keterampilan berpikir kritis I persentase tertinggi yaitu sebesar 25,5% untuk siswa kelompok tinggi dan persentase yang rendahnya ada pada siswa kelompok sedang dengan persentase sebesar 19%. Berbeda dengan persentase pada indikator keterampilan berpikir kritis I, untuk indikator keterampilan berpikir kritis II persentase tertinggi ada pada siswa kelompok rendah dengan persentase sebesar 32% dan tingkat persentase yang rendah ada pada siswa kelompok tinggi dengan persentase 26,5%. Pada indikator keterampilan berpikir kritis yang terakhir (yang ke III) tingkat persentase yang tertinggi ada pada siswa kelompok sedang dengan persentasenya sebesar 24% dan yang terendah ada pada siswa kelompok tinggi dan rendah dengan persentase 21%. Berdasarkan hasil wawancara faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa yaitu faktor internal siswa dan faktor eksternal siswa seperti metode pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; three tier multiple choice; termokimia;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 22 Jan 2019 09:13
Last Modified: 22 Jan 2019 09:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18226

Actions (login required)

View Item View Item