Pengaruh kompetensi dan independensi auditor internal terhadap kualitas hasil kinerja internal audit di Bank Bjb Syariah Kantor Pusat

Rukanda, Rukanda (2015) Pengaruh kompetensi dan independensi auditor internal terhadap kualitas hasil kinerja internal audit di Bank Bjb Syariah Kantor Pusat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Auditor internal tidak hanya melakukan evaluasi terkait keuangan perusahaan tapi juga pada non-keuangan yang berhubungan dengan kegiatan operasional perusahaan. Hal ini akan membantu manajer dalam meningkatkan kinerja perusahaan melalui rekomendasi auditor internal yang didapatkan dari evaluasi tersebut. Auditor internal dituntut secara profesional untuk melaksanakan fungsi audit dengan baik. Pentingnya eksistensi seorang auditor internal, menuntut para auditor internal untuk memiliki kompetensi, independensi, sehingga menghasilkan kualitas hasil kinerja audit yang signifikan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh kompetensi dan independensi terhadap kualitas hasil kinerja audit internal di BJB Syariah kantor pusat, hipotesis yang diajukan adalah kompetensi dan independensi berpengaruh terhadap kualitas hasil kinerja audit internal di BJB Syariah kantor pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi dan independensi terhadap kualitas hasil kinerja audit internal di BJB Syariah kantor pusat, untuk mengetahui variabel mana yang dominan mempengaruhi kualitas hasil kinerja audit internal. Teori yang digunakan untuk mendukung pembahasan dalam penelitian ini adalah teori kompetensi, khususnya yang berkaitan dengan pengetahuan dan pengalaman auditor dan independensi serta kualitas hasil audit internal. Populasi penelitian ini adalah pegawai divisi audit baik di kantor pusat maupun kator cabang dan unit di lingkungan kantor BJB Syariah yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, daftar pertanyaan, serta studi dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda. Pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial dilakukan dengan menggunakan sofware SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi dan independensi secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas hasil kinerja audit internal di BJB Syariah kantor pusat. Variabel yang dominan berpengaruh signifikan terhadap kualitas hasil audit adalah kompetensi. Nilai koefisien determinasi (R Square) diperoleh sebesar 93%. Hal ini berarti bahwa variabel dependen yaitu kualitas hasil kinerja audit internal dapat dijelaskan oleh variabel independen kompetensi dan independensi sebesar 93%. Sedangkan sisanya sebesar 7% dijelaskan oleh variabel independen lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kompetensi; independensi dan kualitas hasil kinerja audit internal
Subjects: Financial Economics, Finance > Banking Services
Accounting > Auditing
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:41
Last Modified: 23 Jan 2019 07:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18251

Actions (login required)

View Item View Item