Kontribusi Komunitas Pemuda Hijrah dalam membangun perilaku sosial remaja: Studi deskriptif pada pemuda Masjid Al-Lathiif di Kelurahan Cihapit Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung

Setiawan, Denden Deni (2017) Kontribusi Komunitas Pemuda Hijrah dalam membangun perilaku sosial remaja: Studi deskriptif pada pemuda Masjid Al-Lathiif di Kelurahan Cihapit Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena hijrah yang sedang melanda remaja di Kota Bandung. Fenomena yang menjadi ketertarikan penulis untuk meneliti permasalahan ini adalah kontribusi sebuah komunitas dalam membangun perilaku sosial remaja. Berdasarkan uraian di atas dapat dirumuskan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana latar belakang terbentuknya Komunitas Pemuda Hijrah, untuk mengetahui bagaimana program kegiatan Komunitas Pemuda Hijrah dalam membangun perilaku sosial remaja di Kelurahan Cihapit Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung, untuk mengentahui bagaimana keberhasilan Komunitas Pemuda Hijrah dalam membangun perilaku sosial remaja di Kelurahan Cihapit Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori tindakan sosial Max Weber menurutnya, tindakan sosial adalah konsep yang paling mendasar dalam bidang sosiologi. Tindakan sosial adalah segala perilaku manusia yang mempunyai makna subjektif. Unsur yang ditekankan oleh Weber dalam pengertiannya adalah makna subjektif seorang pelaku. Teori tersebut dijadikan sebagai kerangka pemikiran dalam melihat berbagai fenomena yang muncul dilapangan, terutama berkaitan dengan Kontribusi Komunitas Pemuda Hijrah Dalam Membangun Perilaku Sosial Remaja (Studi Deskriptif Pada Komunitas Pemuda Hijrah di Kelurahan Cihapit Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data yang didapat, kemudian memaparkan dalam bentuk narasi cerita berdasarkan data wawancara, observasi yang telah didapat dan juga dilengkapi dengan dokumentasi berupa foto, agenda kegiatan dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mengambarkan tentang Kontribusi Komunitas Pemuda Hijrah Dalam Membangun Perilaku Sosial Remaja. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Komunitas Pemuda Hijrah tercipta atas dasar keprihatinan terhadap permasalahan remaja khusunya di Kota Bandung yang jauh dari masjid. Program kegiatan Komunitas Pemuda Hijrah dalam membangun perilaku sosial remaja adalah kajian rutin, belajar tahsin dan maqomat, sahur puasa sunat dan shalat subuh bersama, ngabuburide dan buka puasa bersama, GO-Shift (safari masjid), Shift dadakan, kegiatan charity (amal), program bahasa Arab, aksi penghapusan tato bersama, dan program tarbiyah (pendidikan). Keberhasilan Komunitas Pemuda Hijrah dalam membangun perilaku sosial remaja adalah meningkatkan minat anak muda untuk datang ke masjid, menghilangkan persepsi negatif di masyarakat terhadap geng motor, bekerja sama dengan organisasi-organisai kemanusiaan dalam membangun perilaku sosial remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tindakan Sosial; Hijrah; Remaja
Subjects: Communities > Community Sociology
Communities > Urban Communities, Cities
Communities > Socialist Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Denden Deni Setiawan
Date Deposited: 25 Jan 2019 02:48
Last Modified: 25 Jan 2019 02:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18255

Actions (login required)

View Item View Item