Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan make a match untuk meningkatkan pemahaman baca Al-Quran peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Subang: Quasi eksperimen pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits materi mari belajar Surah An-Nashr Kelas IV

Ulfah, Uniyah (2018) Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan make a match untuk meningkatkan pemahaman baca Al-Quran peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Subang: Quasi eksperimen pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits materi mari belajar Surah An-Nashr Kelas IV. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (831kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh beberapa kendala dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, diantaranya adalah: (1) Peserta didik kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru karena merasa bosan atau kurang tertarik dengan metode pembelajaran yang digunakan (3) Tingkat pemahaman baca Al-Qur’an peserta didik masih belum berhasil. Untuk mengatasi beberapa kendala tersebut, metode picture and picture dan make a match dirasa sangat tepat kerena dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik dikelas. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui proses pembelajaran dengan metode picture and picture dan make a match; (2) untuk mengetahui tingkat pemahaman bacaan Al-Qur’an peserta didik dengan menggunakan metode picture and picture; (3) untuk mengetahui tingkat pemahaman bacaan Al-Qur’an peserta didik dengan menggunakan metode make a match; (4) untuk mengetahui perbandingan tingkat pemahaman bacaan Al-Qur’an peserta didik dengan menggunakan metode picture and picture dan make a match; (5) untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran metode picture and picture dan make a match. Penelitian ini bertolak pada kajian teoretis yang menyatakan bahwa dengan metode Picture and picture peserta didik mampu mengikuti pembelajaran dengan fokus dan menyenangkan karena metode pembelajaran ini mengandalkan gambar dalam proses pembelajarannya. Melalui metode Make a macth ini juga dapat melatih peserta didik untuk memiliki sikap sosial yang baik dan melatih kemampuan peserta didik dalam bekerja sama disamping melatih kecepatan berfikir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperiment non equivalent control grup design. Desain penelitian dengan 2 kelas eksperimen. Proses sampling dengan metode nonprobability sampling sebanyak 40 siswa dari kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Subang. Analisis komparasi menggunakan U-Test Mann Whitney, karena data tidak berdistribusi normal dan N-gain untuk mengetahui perbandingan tingkat pemahaman bacaan Al-Qur’an peserta didik pada metode picture and picture dan make a match. Hasil penelitian diketahui bahwa Data Pretest dan Data Posttest picture and picture memiliki nilai rata-rata kelas 56, 85 dan 74,25 dengan interpretasi tingkat pemahaman baca Al-Qur’an baik dengan N-gain -9,69 dan rata-rata -0,4845. Sedangkan data pretest dan data posttest memiliki nilai 52,5 dan 76,25 dengan interpretasi baik dengan N-gain 9,55 dan rata-rata 0,4775. Dengan membandingkan kedua metode berdasarkan hasil uji hipotesis maka metode make a macth dinilai lebih baik dalam meningkatkan pemahaman bacaan Al-Qur’an peserta didik. Oleh sebab itu, lebih disarankan untuk menggunakan metode make a match dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits agar pemahaman bacaan Al-Qur’an peserta didik semakin optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode; Pembelajaran; Kooperatif; Make A Macth; Picture;
Subjects: Religious Education
Islam
Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Uniyah Ulfah
Date Deposited: 25 Jan 2019 07:40
Last Modified: 25 Jan 2019 07:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18262

Actions (login required)

View Item View Item