Aktivitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha hubungannya dengan kecerdasan spiritual: Penelitian di SMP Assalaam Kota Bandung

Utamaputra, Achmad Kurnia Rahadi (2018) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha hubungannya dengan kecerdasan spiritual: Penelitian di SMP Assalaam Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah masih banyak siswa yang mengabaikan shalat dhuha demi untuk bermain-main dan jajan ataupun sesuatu yang kurang penting. Mereka masih sering mendahulukan pergi ke kantin untuk makan ataupun bermain dengan teman-temannya. Akibat dari siswa-siswa yang tidak melaksanakan shalat dhuha kecerdasan spiritualnya minim. Penurunan kecerdasan spiritual ini diperlihatkan oleh siswa melalui sikap-sikap penolakan ketika guru memerintahkan untuk melaksanakan shalat. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan memperbanyak aktivitas-aktivitas shalat dhuha di setiap pagi yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Dengan demikian, kecerdasan spiritual siswa dapat dibangun dengan kokoh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha hubungannya dengan kecerdasan spiritual di SMP Assalaam Kota Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa kecerdasan spiritual dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya aktivitas siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha dengan kecerdasan spiritual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat apakah adanya hubungan antara variabel X (aktivitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha) dan variabel Y (kecerdasan spiritual) Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha memperoleh nilai rata-rata 3,95 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Kecerdasan spiritual siswa memperoleh nilai 3,77 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Sedangkan aktivitas siswa mengikuti kegiatan shalat dhuha hubungannya dengan kecerdasan spiritual di peroleh nilai korelasi sebesar 0,07 dengan kualifikasi sangat rendah karena berada pada interval 0,00 - 0,20. Hasil pengujian hipotesis menujukan thitung 0,38 < ttabel 2,048. Dengan demikian dapat dinyatakan tidak ada hubungan yang signifikan antara variebel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 1% artinya diperkirakan masih ada pengaruh lain sebesar 99% yang mempengaruhi baik dari faktor internal maupun eksternal terhadap kecerdasan spiritual siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Shalat Dhuha; Kecerdasan Spiritual Siswa;
Subjects: Parapsychology and Occultism > Spiritualism
Islam
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reshna Robiah Romdhiani Reshna Robiah Romdhiani
Date Deposited: 24 Jan 2019 07:00
Last Modified: 24 Jan 2019 07:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18264

Actions (login required)

View Item View Item