Perbandingan kemandirian emosional antara siswa yang tinggal bersama orang tua dengan yang tinggal di kost pada siswa kelas X SMAN 2 Ciamis

Azizah, Ulfiati Tsania Nur (2016) Perbandingan kemandirian emosional antara siswa yang tinggal bersama orang tua dengan yang tinggal di kost pada siswa kelas X SMAN 2 Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text (BAB III)
6-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)

Abstract

Penelitian berawal dari penemuan peneliti mengenai adanya indikasi perbedaan kemandirian emosional antara siswa kelas X yang tinggal bersama orang tua dan siswa yang tinggal kost di SMAN 2 Ciamis. Siswa yang tinggal bersama orang tua mengatakan bahwa ketika dihadapkan dengan suatu masalah, mereka akan lebih senang untuk mencari jalan keluarnya sendiri daripada meminta bantuan orang tua, sedangkan siswa yang tinggal kost mengatakan bahwa ketika ia sedang dihadapi masalah akan langsung meminta bantuan orang tua memecahkan masalahnya, mereka mengaku bahwa mereka masih bergantung pada bantuan orang tua. Hal ini tidak sesuai dengan yang diteliti oleh Dibble (1989), hasil penelitian Beliau menjelaskan bahwa individu yang memiliki kelekatan dengan orang tua yang tinggi maka tingkat kemandiriannya akan rendah. Dapat diartikan bahwa siswa yang tinggal bersama orang tua memiliki peluang memiliki tingkat kelekatan yang tinggi dengan orang tuanya. Pada dasarnya, di usia mereka yang berada pada tahap remaja, terdapat tugas-tugas perkembangan yang harus diselesaikan oleh remaja salah satunya adalah tercapainya kemandirian emosional (Hurlock,1980). Yang mana, kemandirian emosional adalah salah satu aspek dari kemandirian yang berkaitan dengan perubahan hubungan remaja dengan orangtua (Steinberg, 2002). Berdasarkan fenomena tersebut, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan tingkat kemandirian emosional antara siswa yang tinggal bersama orang tua dengan siswa yang tinggal kost pada kelas X di SMAN 2 Ciamis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain studi komparasi, yang melibatkan sampel populasi dari dari kedua kelompok, pengambilan data dilakukan dengan cara Sampling Purposiveyaitu 100 orang siswa kelas X yang tinggal bersama orang tua, dan 100 orang siswa kelas X yang tinggal di kost. Skala Kemandirian emosional dikembangkan oleh peneliti dengan menggunakan skala model Likert (43 item). Hasil pengujian statistik dengan menggunakan ujit-test, diperoleh hasil t= -0,849 dengan pv = 0,397> α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kemandirian emosional siswa kelas X yang tinggal bersama orang tua dengan siswa kelas X yang tinggal kost tidak ada perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukan persentase kemandirian emosional siswa kelas X di SMAN 2 Ciamis, yaitu siswa yang tinggal bersama orang tua memiliki tingkat kemandirian emosional sebesar 18%, dan yang tinggal di kost sebesar 45%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kemandirian emosional siswa kelas X yang tinggal bersama orang tua dengan yang tinggalkost adalah mendekati sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kost; Orang Tua; Kemandirian; Emosional; Anak;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 25 Jan 2019 07:20
Last Modified: 25 Jan 2019 07:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18315

Actions (login required)

View Item View Item