Kompetensi manajerial kepala Madrasah dalam upaya peningkatan Guru pasca sertifikasi: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah se Kelompok Kerja Madrasah-IV Kabupaten Bandung

Ahmad, Fithriyani (2018) Kompetensi manajerial kepala Madrasah dalam upaya peningkatan Guru pasca sertifikasi: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah se Kelompok Kerja Madrasah-IV Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I Revissi 1-21.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II Revisi 22-79.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III Revisi 80-89.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV REVISI 90-150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V 151-154.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)

Abstract

Sebagian Kepala Madrasah khususnya di Kabupaten Bandung dirasa masih lemah dalam kompetensi manajerial, sementara kemajuan pendidikan yang sangat pesat menuntut seorang manajer yang mampu mengelola suatu lembaga pendidikan, salah satu diantaranya yaitu bagaimana mengelola kinerja guru agar meningkat khususnya pada guru yang telah lulus sertifikasi, mengingat bahwa guru merupakan penggiat pendidikan yang berinteraksi langsung dengan siswa, rendahnya kualitas guru akan berdampak pada kualitas output lulusan, sehingga manajerial seorang kepala madrasah sangat berperan penting, idealnya bagus dan tidaknya kinerja guru khususnya kinerja guru sertifikasi tergantung pada bagaimana manajerial seorang kepala madrasah. itulah sebabnya peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dari segi manajerial kepala madrasah dalam upaya peningkatan kinerja guru sertifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi manajemen kepala madrasah ibtidaiyah se Kelompok Kerja Madrasah-IV Kabupaten Bandung, mengevaluasi implementasi program kepala madrasah ibtidaiyah se Kelompok Kerja Madrasah-IV dalam peningkatan kinerja guru, memperbaiki faktor penunjang dan penghambat upaya kepala madrasah ibtidaiyah se Kelompok Kerja Madrasah-IV dalam peningkatan kinerja guru, membandingkan kinerja guru se Kelompok Kerja Madrasah-IV pasca sertifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Sumber data primer yaitu kepala Madrasah, pengawas madrasah, dan guru lulus sertifikasi, sumber data sekunder diambil dari dokumen dan arsip pendukung yang berkaitan dengan penelitian. Data tersebut dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. tekhnik analisis data yang peneliti gunakan ialah deskriptif kualitatif, yaitu data yang berupa kata-kata dan gambar. Hasil Penelitian menunjukan bahwa manajemnen kepala madrasah ibtidaiyah wilayah Kelompok Kerja Madrasah-IV Kabupaten Bandung cukup baik hal ini terlihat pada program yang disusun dan direalisasikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja guru pasca sertifikasi diantaranya kegiatan workshop berkelanjutan bagi guru kelas Madrasah Ibtidaiyah yang dimulai dari tingkat Kelompok Kerja Madrasah kemudian tingkat Wilayah dan tingkat Madrasah, bimtek aplikasi paport kurikulum 2013, kegiatan karya seni dan olahraga, bimbingan penyusunan Kurikulum-13 Madrasah, workshop penyusunan dokumen 1,2, dan 3, program bimtek web berbasis android untuk kepala madrasah. Kinerja guru pasca sertifikasipun dinilai baik, tunjangan sertifikasi yang diterima guru 5 pesen digunakan untuk kegiatan peningkatan mutu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajerial Kepala; Kinerja Guru Sertifikasi; Sertifikasi;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 25 Jan 2019 09:34
Last Modified: 25 Jan 2019 09:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18316

Actions (login required)

View Item View Item