Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap hadiah perlombaan futsal yang diambil dari hasil pungutan uang pendaftaran peserta perlombaan dalam kegiatan Liga Futsal Mahasiswa (LIFUMA) UKM Liga UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Ardhitiana, Nurwahyu Fikri (2018) Tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap hadiah perlombaan futsal yang diambil dari hasil pungutan uang pendaftaran peserta perlombaan dalam kegiatan Liga Futsal Mahasiswa (LIFUMA) UKM Liga UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

UKM Liga UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki konsentrasi kegiatan dalam bidang oleh raga sepakbola dan futsal dilingkungan kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gnung Djati Bandung. UKM Liga UIN Sunan Gunung Djati Bandung mempunyai program kerja yang rutin deselenggarakan salah satunya LIFUMA atau kepanjangan dari liga futsal mahasiswa antar jurusan yang menjanjikan hadiah bagi pemenangnya. Hadiah yang diberikan kepada para pemenang diambil dari uang yang di tarik dari peserta sebagai uang pendaftaran. Adapun konsep hadiah perlombaan yang diperoleh dari uang setiap peserta bisa dindikasikan maysir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perlombaan futsal LIFUMA-AJ UKM Liga UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan melakukan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap hadiah perlombaan futsal yang diambil dari hasil pungutan uang pendaftaran peserta perlombaan dalam kegiatan liga futsal mahasiswa (LIFUMA) UKM Liga UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kerangka pemikiran dari penelitian ini adalah, dalam suatu perlombaan tidak dibolehkan mengambil hadiah dari setiap peserta yang ikut dalam perlombaan. hadiah boleh diambil jika memiliki tiga kriteria khusus yaitu yang pertama hadiah dari pihak yang tidak berlomba atau pihak ke tiga. ke dua, hadiah dari salahsatu pihak yang berlomba dengan syarat jika yang memberi hadiah menang dalam perlombaan, pihak yang menang tidak mendapat apapun dari pihak yang kalah. ke tiga, hadiah diperbolehkan jika dalam perlombaan mengikutsertakan muhalil. Metode yang digunakan dalam penulisan karya tulis ini adalah metode Deskriptif Analisis. Deskriptif Analisis adalah metode peneltian yang ditujukan untuk menjelaskan suatu masalah yang bersifat kasuistik, dengan cara menggambarkan kasus yang sedang diteliti, berdasarkan hubungan antara teori dengan kenyataan di lapangan. Serta mendeskripsikan suatu satuan analisis secara utuh sebagai suatu kesatuan yang terintegrasi. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, perlombaan futsal LIFUMA yang diselenggarakan oleh UKM Liga UIN Sunan Gung Djati Bandung mengharuskan peserta membayar uang pendaftran sebagai syarat mengikuti perlombaan diakrenakan tidak adanya sponsor. Uang pendaftaran sebagian dialokasikan untuk hadiah para pemenang. Hadiah semacam ini tidak memenuhi kriteria yang dijelaskan dalam kerangka pemikiran sehingga belum sesuai dengan yang disyariatkan oleh hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Maysir; Perlombaan Berhadiah; Hadiah;
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Islam > Islam and Economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Nurwahyu Fikri Ardhitiana
Date Deposited: 11 Feb 2019 08:03
Last Modified: 04 Jul 2019 03:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18349

Actions (login required)

View Item View Item