Hubungan prestasi belajar siswa dan sikapnya di masyarakat ditinjau dari keutuhan anggota keluarganya: Study kasus di MA Al-Hibsiyah Desa Lengkong Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi

Ismansyah, Ingeu (2018) Hubungan prestasi belajar siswa dan sikapnya di masyarakat ditinjau dari keutuhan anggota keluarganya: Study kasus di MA Al-Hibsiyah Desa Lengkong Kecamatan Lengkong Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kurang berprestasinya siswa yang memiliki keluarga yang tidak utuh. Perceraian merupakan faktor utama ynag menjadikan kurangnnya perhatian orang tua kepada siswa yang mengkaibatkan siswa tidak terkontrol, ter pantau dalam segi prestasi, sikap maupun aktivitas sehari-hari. Dan faktor ekonomi yang menjadikan orang tua kurang memeperhatikan anakanya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa di MA Al-Hibsiyah Lengkong dengan ditinjau dari keutuhan anggota keluarganya dan bagaimana hubungan siswa dengan keluargnya yang sudah tidak lengkap, serta adakah upaya yang orang tua lakukan dalam mendukung berkembangnnya prestasi belajar anak. Teori yang digunak adalah teori Talcot Parson yaitu teorinya tentang Struktur Fungsiona. menurut Parson, Struktur Fungsional lebih menekankan pada empat fungsi penting untuk semua sistem (tindakan), terkenal dengan skema AGIL. menurut Parson dengan menggunakan Sekema AGIL, ia yakin bahawa ada empat fungsi penting yang diperlukan semua sistem yaitu adaptation (adaptasi), Goal Attaitment (pencpaian tujuan), Integration (integrasi) dan Latency (pemliharaan pola-pola). Dan sebagai pendukug penulis menggunakan teori interaksi sosial. Metode yang dignakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Dimana sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dimana sumber data primer ini didapatkan langsung dari lapangan, baik dari hasil observasi, maupun hasil dari wawancara langsung dengan informanyang diambil dari pihak-pihak terkait. Adapun sumber data sekunder diperoleh referensi buku, jurnal, surat kabar, arsip, dkumentasi dan lain-lain. Dari hasil penelitian ini, menunjukan bahwa baik buruknya prestasi belajar siswa dilatar belakangi dengan baik buruknnya hubungan siswa dengan orang tuanya, percaraian bukan menjadi fator utama yang menyebabkan prestasi belajar dan sikap anak dilingkunagnn masyrakat buruk, tetapi kurangnya perhatian dari orang tua terhadap segalaa aktivitas maupun kebtuhan anak yang mnyebabkan anak kurang terperhatikan, kurang dorongan dan kotrol dalam mecapai pestasi belajar yang baik. Karena dalam penelitian ini penulis menemukan siswa yang berprestasi walaupun orang tunya tidak lengkap, dikrenakan orang tua memantau dan memeperhatikan segla aktivitas mauapun kebutuhan anak dan membatasi jika diluar batas. Adapun yang orang tunya lengkap tetapi tidak memperhatikan , mengontrol segala aktivitas dan kebutuhan anak dan menjadikan anak dari yang awalnya berprestasi menjadi tika berpretasi. Jika dianalisis dengan teori Talcot Prson tentang struktur fungsional, bahwa yang lebih berpengaruh dari ke empat skema tersebut yaitu Latenci atau pemeliharaan, dimana pemeliharan yang harus dilebih diperhatikan dalam amsalah ini sehingg ketiga baigian yang lain yaitu AGI dapt berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial; Struktur Fungsional; Prestasi Belajar
Subjects: Education > Sociology of Education
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: ingeu ismansyah
Date Deposited: 28 Jan 2019 05:03
Last Modified: 28 Jan 2019 05:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18359

Actions (login required)

View Item View Item