Penggunaan deposito sebagai agunan pada program cash collateral dalam pembiayaan murabahah di Bank Syariah Mandiri Cabang Cimahi

Nurrindiani, Seny Octavia (2014) Penggunaan deposito sebagai agunan pada program cash collateral dalam pembiayaan murabahah di Bank Syariah Mandiri Cabang Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)

Abstract

Pembiayaan di Bank Syari’ah Mandiri Cabang Cimahi adalah pembiayaan dengan agunan cash collateral. Nasabah yang akan mengajukan pembiayaan dengan jaminan cash collaterall ini harus memiliki deposito yang diterbitkan oleh Bank Syariah pemberi deposito tersebut. Akad yang digunakan dalam pembiayaan ini adalah murabahah dan rahn. Akad rahn digunakan untuk mengikat agunan yang diberikan nasabah ketika melakukan proses pembiayaan. Dalam akad rahn yang digunakan pada produk pembiayaan di Bank Syariah Mandiri, jaminan yang digunakan adalah berupa deposito atau uang. Sedangkan dalam syarat rahn objek gadai yaitu berupa barang, barang yang digadaikan juga harus bisa dijual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, ketentuan pembiayaan murabahah dalam program cash collateral di Bank Syariáh Mandiri Cabang Cimahi; kedua, mekanisme penggunaan deposito yang dijadikan jaminan dalam pembiayaan murabahah di Bank Syariah Mandiri Cabang Cimahi; ketiga, kesesuaian tinjauan fiqh muamalah terhadap fungsi deposito yang dijadikan sebagai objek rahn pada pembiayaan murabahah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yaitu metode penelitian yang dapat mendeskripsikan bagaimana penggunaan deposito sebagai jaminan pembiayaan di Bank Syariah Mandiri Cabang Cimahi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Cimahi, sedangkan sumber data sekundernya berupa buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Jenis data yang dikumpulkan adalah jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data di tempuh dengan menggunakan teknik mengumpulkan data, observasi, wawancara, dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembiayaan murabahah di Bank Syari’ah Mandiri Cabang Cimahi menggunakan deposito atau tabungan sebagai agunan dengan alasan prinsip kehati-hatian dalam menyalurkan dana pada pihak ketiga. Penggunaan deposito sebagai agunan dalam program cash collateral di Bank Syariah Mandiri Cabang Cimahi belum sesuai dengan tinjauan fiqh muamalah, karena belum terpenuhinya salah satu syarat objek gadai yaitu barang yang digadaikan harus bias dijual. Selain itu syarat rahn yang lain adalah barang yang digadaikan harus terpisah dari milik orang lain, sedangkan dalam deposito sendiri menggunakan akad mudharabbah yang berarti kerjasama. Itu berarti ada keuntungan dan kerugian yang dibagi karena sifatnya kerjasama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: deposito; agunan; cash collateral; murabahah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 28 Jan 2019 06:20
Last Modified: 28 Jan 2019 06:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18362

Actions (login required)

View Item View Item