Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Bandung

Muhamad Syahrizal, Muhamad (1210801074) (2014) Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB I - IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Skripsi ini menggambarkan hasil penelitian mengenai Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian Pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Bandung. Adapun permasalahan yang penulis temukan adalah terhambatnya proses pengelolaan adminsitrasi maupun pelayanan kepegawaian yang disebabkan dalam pengumpulan data masih bersifat manual. Hal ini akan berdampak pada kualitas pelayanan yang diberikan BKPP Kabupaten Bandung kurang optimal dan kurang efisien. Pada penelitian ini menggunakan teori Sistem Informasi Manajemen yang dikemukakan oleh Joseph w. Wilkinson yang diterjemahkan oleh Agus mulyana mengemukakan mekanisme dan kerangka kerja sistem informasi manajemen atau yang disebut dengan Siklus Pemrosesan Data, yang terbagi atas lima dimensi pokok sistem informasi manajemen untuk menyelenggarakan kegiatan yang meliputi : pengumpulan data, pemrosesan data, Manajemen data, pengendalian dan pengamanan data serta penyediaan informasi. Serta teori Zeitham1 dan Bitner, Kualitas pelayanan (jasa), adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelangga. Apabila jasa atau pelayanan yang diterima atau dirasakan (perceived service) sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas jasa atau pelayanan dipersepsikan baik dan memuaskan. Metodologi peneliti yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus arikunto yaitu berjumlah 54 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, observasi dan studi pustaka. Analisis untuk mengetahui besarnya pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat dengan menggunakan analisis uji validitas, uji korelasi ganda, regresi linier berganda, Uji determinasi, Uji t dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas sistem informasi manajemen kepegawaian sangat baik (81,20%) dan realitas kualitas pelayanan pegawai sangat baik (82,40%).Dan terdapat pengaruh sistem informasi manajemen kepegawaian terhadap kualitas pelayanan sebesar 76,6%. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh sistem informasi manajemen kepegawaian terhadap kualitas pelayanan yang sangat tinggi secara positif dan signifikan. pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bandung. Hal ini menunjukan sistem informasi manajemen kepegawaian mempunyai peran dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian dan Pelayanan
Subjects: Systems
Labor Economics > Conditions of Employment
Office Services > Office Services in Specific Kinds of Enterprises
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:43
Last Modified: 09 Jun 2016 04:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item