Pengaruh nilai aktiva bersih dan tingkat inflasi terhadap daily return reksa dana saham syariah PT Mandiri Manajemen Investasi

Dzikrayah, Fithri (2015) Pengaruh nilai aktiva bersih dan tingkat inflasi terhadap daily return reksa dana saham syariah PT Mandiri Manajemen Investasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh naik turunnya daily return reksa dana saham syariah PT Mandiri Manajemen Investasi. Perkembangan daily return di antaranya dipengaruhi Nilai Aktiva Bersih dan Tingkat Inflasi. Adanya kesenjangan antara teori dan kondisi sebenarya mengenai teori Nilai Aktiva Bersih sebagai salah satu risiko unsystemic terhadap Daily Return yang seharusnya berbanding lurus, tidak terjadi pada periode penelitian 2012-2014 yaitu terjadi berbanding terbalik. Begitupula dengan Tingkat Inflasi sebagai risko sistemik. Naiknya tingkat inflasi menyebabkan investor mengharapkan imbal hasil investasi yang lebih besar untuk mengimbangi dampak yang disebabkan oleh meningkatnya inflasi yaitu kenaikan harga-harga. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Nilai Aktiva Bersih sebagai variabel x_1, dan Tingkat Inflasi sebagai variabel x_2, terhadap Daily Return sebagai variabel y secara parsial. Selain itu, penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Nilai Aktiva Bersih sebagai variabel x_1, dan Tingkat Inflasi sebagai variabel x_2, terhadap Daily Return sebagai variabel y secara simultan. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode analisis data sekunder tentang Nilai Aktiva Bersih sebagai variabel x_1, dan Tingkat Inflasi sebagai variabel x_2, terhadap Daily Return sebagai variabel y yang dipublikasikan di media elektronik, maupun media sosial pada situs resmi perusahaan atau instansi terkait maupun lembaga-lembaga pemerintah. Dilihat dari tujuannya penelitian ini termasuk kedalam penelitian explanotory reasearch. Dikatakan demikian, karena penelitian ini melibatkan tiga variabel yang saling berhubungan. Nilai Aktiva Bersih sebagai variabel x_1, dan Tingkat Inflasi sebagai variabel x_2, terhadap Daily Return sebagai variabel y. Berdasarkan hasil peneltian parsial dengan uji t pengaruh Nilai Aktiva Bersih terhadap Daily Return memiliki nilai signifikansi sebesar 0,604 sehingga dapat disimpulkan bahwa Nilai Aktiva Bersih tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Daily Return. Selanjutnya, untuk nilai signifikansi dari pengaruh Tingkat Inflasi terhadap Daily Return memiliki nilai signifikansi sebesar 0,534 sehingga dapat disimpulkan bahwa Tingkat Inflasi terhadap Daily Return tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil uji F Nilai Aktiva Bersih dan Tingkat Inflasi sebagai variabel independen, terhadap Daily Return sebagai variabel dependen secara simultan sebesar 0,789 sehingga dapat disimpulkan bahwa Nilai Aktiva Bersih dan Tingkat Inflasi terhadap Daily Return secara simultan tidak berpengaruh signifikan. Hasil koefisien determinasi simultan R2 adalah sebesar 0,014 atau 1,4%. Hal ini menunjukkan bahwa NAB dan Inflasi memberikan kontribusi pengaruh simultan terhadap Daily Return hanya sebesar 1,4%, sedangkan sisanya sebesar 98,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai aktiva bersih; tingkat inflasi; daily return reksa dana saham ; Manajemen Investasi
Subjects: Islam > Islam and Economics
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:51
Last Modified: 29 Jan 2019 04:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18412

Actions (login required)

View Item View Item