Implementasi Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak: Studi kasus pembinaan anak jalanan di Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung

Fuadah, Rifkah Tsamrotul (2018) Implementasi Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak: Studi kasus pembinaan anak jalanan di Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kelangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan Negara. Merebaknya anak jalanan di seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia merupakan suatu permasalahan kesejahteraan sosial khususnya bagi anak jalanan termasuk di Kota Bandung. Sejak berlakunya Peraturan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, pemerintah khususnya Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung mengharapkan agar dengan diberlakukannya Undang-undang tersebut di Kota Bandung mampu berjalan dengan baik, akan tetapi, pembinaan anak jalanan ini dirasa belum berjalan sesuai dengan Peraturan Undang-undang tersebut di Kota Bandung. Hal ini terlihat pada pembinaan anak jalanan pada tahun 2012 sampai 2017 yang semakin banyaknya jumlah anak jalanan, minimnya kualitas sumber daya yang dibutuhkan dalam pembinaan anak jalanan, komunikasi yang dilakukan masih kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana Implementasi Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak dalam pembinaan anak jalanan di Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung berdasarkan teori George Edward III. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menurut George Edward III 2003:121 (Dalam Buku Kebijakan Publik) menetapkan beberapa unsur yang dapat digunakan untuk menilai Implementasi Undang-undang sebagai berikut: komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di instansi Pemerintahan terkait, yaitu Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pembinaan anak jalanan belum terlaksana sesuai dengan tugas dan fungsinya. Walaupun sudah dilaksanakan, tetapi masih ada anak jalanan turun kejalan lagi. Oleh karena itu perlu diupayakan kerjasamanya dari pemerintah, baik dari pemerintah satu dengan yang lain dan kerjasama dengan masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat, serta aparatur lainnya yang bersangkutan tentang perlindungan dan pembinaan anak jalanan di Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Undang-undang; Komunikasi; Sumber Daya; Disposisi dan Struktur Birokrasi;
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Rifkah Tsamrotul Fuadah
Date Deposited: 30 Jan 2019 04:29
Last Modified: 30 Jan 2019 04:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18458

Actions (login required)

View Item View Item