Akuntabilitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam penyelenggaraan pendidikan pada SMA di Kota Bandung Tahun Anggaran 2015-2016

Mumtazah, Farah (2018) Akuntabilitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam penyelenggaraan pendidikan pada SMA di Kota Bandung Tahun Anggaran 2015-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I .pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan berdasarkan UUD 45 Pasal 34 Ayat 2 menyebutkan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya, sedangkan dalam Ayat 3 menyebutkan bahwa wajib belajar merupakan tanggungjawab negara diselenggarakan oleh lembaga pendidikan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat. Merupakan kewajiban pemerintah, masyarakat mengelola wajib belajar mengenyam pendidikan dan untuk melaksanakan pendidikan tersebut dibutuhkan dana BOS Pendidikan diberikan secara tidak dipungut biaya. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 80 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan rintisan program Wajib Belajar 12 Tahun Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan dana BOS pada SMA dalam penyelenggaraan pendidikan di Kota Bandung serta untuk mengetahui bagaimana pertanggungjawabana keuangan dana BOS di SMA dalam penyelenggaraan pendidikan di Kota Bandung. Penelitian ini digunakan menggunakan metode deskripsi analisis, yaitu mendeskripsikan atau menjelaskan bagaimana Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah pada SMA di Kota Bandung, kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara serta teknik studi kepustakaan dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Mahmudi (2013:9) yang terdiri dari Akuntabilitas Hukum dan Kejujuran, Akuntabilitas Program, Akuntabilitas Manajerial, Akuntabilitas Finansial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka diperoleh kesimpulan bahwa Penyaluran dana BOS dari pusat ke daerah yang selalu telat karena dana BOS itu dari pusat langsung ke sekolah. Karena saluran dana BOS tersebut dari RKUN, RKUD langsung ke sekolah. Adapun faktor penghambatnya adalah latar belakang pendidikan Bendahara BOS bukan dari akuntan, tidak adanya pencatatan rincian pengeluaran dana BOS yang nantinya akan berpengaruh kepada penilaian Badan Pengelola Keuangan dan akan berdampak pada kesehatan kinerja keuangan daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas; Pengelolaan Dana BOS;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Farah Mumtazah
Date Deposited: 30 Jan 2019 08:40
Last Modified: 30 Jan 2019 08:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18471

Actions (login required)

View Item View Item