Optimalisasi pendistribusian dan pendayagunaan zakat dalam pelaksanaan program pembangunan berkelanjutan (SGDs) di Baznas Provinsi Jawa Barat

Amymie, Farhan (2018) Optimalisasi pendistribusian dan pendayagunaan zakat dalam pelaksanaan program pembangunan berkelanjutan (SGDs) di Baznas Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan kesejahteraan akan dapat diminimalisir apabila ada distribusi pendapatan dan kekayaan yang merata. Maka Zakat merupakan salah satu instrument ampuh untuk memberikan solusi pembangunan dan pemerataan ekonomi secara adil dan bijaksana. Apabila dilakukan secara optimal dalam penghimpunan, pengorganisasian zakat harus dilakukan secara efektif dengan dukungan regulasi dan aparat yang professional. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui sistem pengelolaan dana zakat di Baznas Jawa Barat; (2) Untuk Mengetahui Keterkaitan SDGs dengan Tujuan Zakat (3) Untuk Mengetahui Hasil dari Rencana Strategis Optimalisasi Pendistribusian Dana Zakat dalam Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Baznas Provinsi Jawa Barat. Pendistribusian Dana Zakat secara optimal dan efektif sangatlah penting karena menjadi salah satu indikator kesejahteraan masyarakat yang juga merupakan irisan dari 17 Program Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang di cetus oleh PBB. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : observasi, wawancara, dan study dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama Zakat adalah salah satu Instrument penting dalam Pembangunan, Optimalnya Pendistribusian dana zakat dalam kerangka Pembangunan dapat mempercepat pencapaian terlaksananya Program Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), Sistem Pendistribusian yang terstruktur dan dilandasi oleh asnaf zakat juga selalu berpedoman pada Petunjuk Teknis yang telah di buat dapat berdampak besar bagi efektif dan efisiennya suatu program penyaluran zakat. Kedua Analisis terhadap kebutuhan masyarakat dipakai sebagai landasan pembagian dana zakat terhadap asnaf zakat (mustahiq) agar penyaluran dana zakat dapat merata dan adil, Pendayagunaan dana zakat sangat berpengaruh besar bagi mustahiq zakat agar zakat yang di terima para mustahiq dapat berdampak jangka panjang bagi penerimanya bukan hanya bersifat konsumtif saja, indikator keberhasilan Baznas Jawa Barat dalam Pendistribusian dan Pendayagunaan dana zakat dalam mencapai kesejahteraan masyarakat dapat dilihat dari presentase pencapaian Baznas Jawa Barat dalam melaksanakan Program Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Agvira Paiza Zulpa
Date Deposited: 31 Jan 2019 08:57
Last Modified: 31 Jan 2019 08:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18512

Actions (login required)

View Item View Item