Pengaruh locus of control terhadap kinerja: Studi pada karyawan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat

Mastur, Zeida Komara (2018) Pengaruh locus of control terhadap kinerja: Studi pada karyawan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVERSKRIPSI.docx.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTARAK)
ABSTRAK.docx.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Untuk tercapainya tujuan organisasi perlu ditunjang oleh kinerja yang baik, kinerja yang baik berasal dari individu yang baik. Kinerja individu dipengaruhi oleh sifat beberapa faktor, salah satunya adalah locus of control. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap kinerja karyawan di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat. Locus of control merupakan cara pandang seseorang terhadap suatu peritsiwa apakah dia merasa mampu atau tidak mengendalikan perilaku yang terjadi padanya. Locus of control terbagi menjadi dua dimensi, internal locus of control yaitu cara pandang individu terhadap suatu peristiwa atas dasar penentuan nasib sendiri dan eksternal locus of control yaitu persepsi bahwa sumber-sumber di luar dirinya yang mengontol kejadian dalam hidupnya, seperti nasib, keberuntungan, kekuasaan atasan, dan lingkungan sekitar. Kedua dimensi locus of control tersebut mampu memberikan kinerja yang baik, namun khusus bagi eksternal locus of control kinerja dapat dicapai baik ketika factor luar memberikan dukungan terhadap individu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode probability samplinng denga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 85 responden. Internal locus of control merupakan variable X1, eksternal locus of control merupakan variable X2 dan kinerja karyawan merupakan variabel Y. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis yaitu uji t dan uji f dan koefisien determinasi. Hasil uji regresi sederhana dengan pengujian parsial menunjukkan bahwa X1 berpengaruh positif signifikan terhadap Y dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 5,618 > 1,664 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, dan X2 berpengaruh positif signifikan terhadap Y dilihat dari thitung > ttabel yaitu 2,258 > 1,664, dengan signifikansi 0,027 < 0,05. Dan secara simultan variable X1 dan X2 terhadap Y terbukti memiliki pengaruh, hal ini ditunjukkan karena Fhitung > Ftabel yaitu dengan nilai 22,359 > 3,96 (lihat tabel distribusi f) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05.. Koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan yaitu sebesar 0,353 atau 35% yang masuk dalam kriteria pengaruh cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Locus of Control; Internal Locus of Control; Eksternal Locus of Control; Kinerja Karyawan; DISKUK JABAR;
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.E Zeida Komara Mastur
Date Deposited: 06 Feb 2019 04:20
Last Modified: 06 Feb 2019 04:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18536

Actions (login required)

View Item View Item