Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap penanggulangan bencana di Indonesia: Study terhadap Undang-Undang No.24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana

Rahma, Ira Rahayu (2018) Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap penanggulangan bencana di Indonesia: Study terhadap Undang-Undang No.24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

Indonesia memiliki tingkat kerawanan tinggi terhadap terjadinya bencana. Selama ini penanggulangan bencana lebih banyak diutamakan pada kegiatan tanggap darurat dan kegiatan pasca bencana, sedangkan kegiatan prabencana yang merupakan langkah untuk mengantisipasi resiko bencana terkadang dikesampingkan. Maka dari itu pemerintah Indonesia menerbitkan Undang-Undang No.24 Tahun 2007 BNPB) yang membahas tentang penanggulangan bencana. Tujuan penelitian ini adalah Pertama Untuk mengetahui Asas-asas Penanggulangan Bencana Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana Di Indonesia. Kedua,, Untuk mengetahui tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap asas-asas penanggulangan bencana dalam Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis, yaitu metode penelitian yang tujuannya memberikan suatu gambaran secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antar fenomena yang diselediki untuk kemudian dianalisis. Metode pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Yuridis Normatif adalah penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka yang merupakan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik studi kepustakaan. Teori yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Teori mashlahat dan Hak Asasi Manusia yang menjadi pisau analisis penulis dalam menganalisis UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1). Asas penanggulangan bencana dalam undang-undang no 24 Tahun 2007 bahwa penanggulangan penyelenggaraan penanggulangan bencana berdasarkan pasal 3 bahwa penanggulangan bencana berasaskan : Asas kemanusiaan, Asas keadilan, Asas kesamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan, Asas keseimbangan, keselarasan, dan keserasian, Asas ketertiban dan kepastian hukum, Asas kebersamaan, Asas kelestarian lingkungan hidup, Asas ilmu pegetahuan dan teknologi. 2). Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana bahwa siyasah Dusturiyah dalam Maqasid Syari’ah berorientasi pada perlindungan Hak Asasi Manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hak Asasi Manusia; Asas; Bencana; BNPB;
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 06 Feb 2019 09:05
Last Modified: 06 Feb 2019 09:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18610

Actions (login required)

View Item View Item