Objektivitas wartawan foto di Harian Umum Tribun Jabar dalam menentukan Angle suatu Foto Berita: Rubrik Persib Mania Edisi 01-28 Februari 2014

Muhaerib, Imam (2014) Objektivitas wartawan foto di Harian Umum Tribun Jabar dalam menentukan Angle suatu Foto Berita: Rubrik Persib Mania Edisi 01-28 Februari 2014. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)

Abstract

Objektivitas merupakan nilai sentral yang mendasari disiplin profesi yang dituntut oleh para jurnalis, dimana seorang jurnalis bisa memberikan nilai berita secara faktual dan menyeimbangkannya dari segi sudut pandang atau angle foto berita. Foto dinilai sebagai gambar nyata dari kehidupan, dalam hal foto jurnalistik tentunya tidak ada rekayasa terhadap objek yang ditangkap oleh kamera fotografer, peristiwa yang terekam kamera terjadi secara alami dan tidak ada manipulasi yang disesuaikan dengan keinginan fotografer. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap objektivitas wartawan foto di Harian Umum Tribun Jabar, dengan menelaah mulai dari proses menghasilkan foto berita sampai menentukan sudut pandang suatu foto berita. Dalam mengungkap seperti apa objektivitas wartawan foto itu. Peneliti melakukan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori yang mempengaruhi isi media dimana dalam isi pemberitaan suatu media massa akan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya tingkat individu (jurnalis),tingkat rutinitas media, tingkat organisasi media, tingkat ekstramedia, dan tingkat ideologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah wawancara,observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperoleh bahwa pertama, wartawan foto di Harian Umum Tribun Jabar khususnya di rubrik Persib Mania, dalam menentukan sudut pandang atau angle sudah memihak, bukan berarti memihak pada satu individu atau golongan, tetapi menonjolkan foto Persib karena perusahaan ingin lebih efektif dan mempunyai daya tarik dalam Pemberitaan Persib. Kedua wartawan foto di Harian Umum Tribun Jabar dalam rubrik Persib Mania, sudah beimbang dalam melakukan tugasnya, ini terlihat ketika wartawan itu bertanggung jawab tentang berita yang dia cari, mempunyai kemampuan dalam mencari berita yang asli hasil sendiri, beritanya pun harus memenuhi nilai-nilai foto jurnalistik. Faktualitas foto berita seorang wartawan foto di Harian Umum Tribun Jabar dalam mencari sebuah foto berita yang berupa kejadian nyata harus pintar-pintar mencari sudut pandang yang mewakili peristiwa atau kejadian tersebut. Objektivitas Wartawan Foto di Harian Umum Tribun Jabar dalam Menentukan Angle Suatu Foto Berita lebih berpedoman kepada kode etik jurnalistik itu sendiri serta terhadap kebijakan perusahaan. Kesimpulan dari hasil penelitian Objektivitas Wartawan Foto di Harian Umum Tribun Jabar dalam Menentukan Angle Suatu Foto Berita lebih berpedoman kepada kode etik jurnalistik itu sendiri serta terhadap kebijakan perusahaan. Tapi sebisa mungkin seorang wartawan foto menahan dirinya untuk tidak terlalu menonjolkan subjektifitasnya dalam memandang suatu hal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wartawan; Foto; Tribun JABAR; Angle;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 20 Feb 2019 03:31
Last Modified: 20 Feb 2019 03:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18640

Actions (login required)

View Item View Item