Pengaruh konseling individu terhadap peningkatan kedisiplinan peserta didik: Penelitian di Sekolah Menengah Atas kelas XI Karya Pembangunan Cicalengka

Fauzi, Falah Siti (2018) Pengaruh konseling individu terhadap peningkatan kedisiplinan peserta didik: Penelitian di Sekolah Menengah Atas kelas XI Karya Pembangunan Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Falah siti fauzi. Pengaruh konseling individu terhadap peningkatan kedisiplinan peserta didik ( penelitian di Sekolah Menengah Atas Karya Pembangunan Cicaengka). Peserta didik merupakan sumber daya utama dan terpenting dalam proses pendidikan formal. Ada beberapa hal yang menarik untuk dijadikan tempat penelitian salah satunya di SMA KP Cicalengka. Sesuai dengan kondisi lapangan peserta didik banyak mengabaikan aturan yang ditetapkan oleh pihak sekolah, menunjukan sikap yang tak acuh terhadap guru dan sesama. Dengan ini SMA KP Cicalengka lebih tepatnya profesi guru BK memiliki program konseling individu untuk membantu para pengajar agar menjadikan peserta didiknya dapat berperilaku disiplin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses konseling individu danseberapa besar pengaruh konseling individu terhadap peningkatan kedisiplinan peserta didikdi SMA KP Cicalengka. Dalam rancangan pemikiran dengan mengutarakan teori dari Aunnur:2001 yang menyebutkan bahwa peran pembimbing adalah bagaimana seorang pembimbing dapat menjalankan fungsinya sebgai seorang yang menjalankan proses konseling sehingga dapat terpecahkan masalah yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, kuisioner tertutup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif survey, dengan wawancara terlebih dahulu kepada pihak sekolah dan guru BK disana, menganalisis data difokuskan pada analisis data secara kuantitatif, dan meyebarkan angket sesuai dengan sampel yang ditetapkan. Sampel ini menggunakan teknik sampel acak (Simple Random Sampling)yaitu pengambilan sampel dari populasi dilakukan secara acak (random) tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwaPenggunaan metode konseling individu memiliki pengaruh terhadap peningkatan kedisiplinan peserta didik di SMA KP Cicalengka Kabupaten Bandung. Uji regresi table output SPPS 24 menunjukan Pv (0,006) artinya Pv lebih kecil dari α, atau 0,008 lebih kecil bila di bandingkan dengan nilai 0,05, maka H0 ditolak. Ini berarti hipotesis yang diajukan menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara konseling individu terhadap peningkatan kedisiplinan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi Sosial; Perilaku Asertif;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Falah Siti Fauzi
Date Deposited: 21 Feb 2019 06:02
Last Modified: 21 Feb 2019 06:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18666

Actions (login required)

View Item View Item