Pengaruh total assets, Debt to Total Assets (DAR) dan Debt to Total Equity (DER) terhadap return saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2013-2016.

Mardiyah, Rida Rodiyatul (2017) Pengaruh total assets, Debt to Total Assets (DAR) dan Debt to Total Equity (DER) terhadap return saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2013-2016. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)

Abstract

Pasar Modal merupakan salah satu produk muamalah yang berkaitan dengan jual beli sekuritas. Salah satu sekuritas yang memiliki tingkat resiko yang tinggi adalah saham. Hal tersebut karena ketidakpastian return yang akan diterima investor. Untuk mengurangi resiko yang tinggi, investor perlu informasi dari perusahaan mengenai total assets yang menginformasikan proses pertumbuhan perusahaan, debt to total assets ratio (DAR) dan debt to total equity ratio (DER) yang menggambarkan pendanaan dari hutang untuk kinerja perusahan. Maka, siklus dari total assets, DAR dan DER perusahaan berpengaruh terhadap return saham. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh total assets, debt to total assets ratio (DAR) dan debt to equity ratio (DER) secara parsial dan simultan terhadap return saham pada perusahaan pertambangan yang terdaftar secara konsisten di Jakarta Islamic Indexs (JII). Umumnya investor tertarik membeli saham pada harga pasar yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga saham karena dipengaruhi oleh prospek perusahaan yang dianggap baik oleh investor dengan menganalisis laporan keuangan perusahaan, sedangkan yang terjadi di saat laporan keuangan perusahaan dalam kondisi baik dan sehat tetapi rata-rata close price menurun dari tahun 2013-2016. Jenis metode pada penelitian ini applied research yaitu menyangkut aplikasi teori untuk memecahkan permasalah tertentu.Saham yang diteliti adalah saham-saham yang terdaftar di JII secara konsisten pada perusahaan pertambangan, data yang diambil dari Bursa Efek Indonesia. Variabel independen yang digunakan adalah total assets, DAR dan DER terhadap return saham. Sedangkan analisis kuantitatif yang digunakan yaitu uji T, uji F, korelasi dan koefisien determinasi. Hasil olahan data menunjukan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap return saham adalah total assets dengan t hitung > t table yaitu -1,766>1,660, nilai R sebesar 0,179 yang berarti memiliki hubungan yang sangat rendah dan R2 sebesar 3,2%. Uji T terhadap variabel DAR menunjukan nilai t hitung > t table yaitu -2,150>1,660, nilai R hitung sebesar 0,216 yang berarti memiliki hubungan yang rendah dan R2 sebesar 4,7%. Sedangkan DER tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham yaitu sebesar -1,628<1,660, nilai R hitung sebesar 0,166 dan R2 sebesar 2,7%. Secara simultan ketiga variabel berpengaruh secara signifikan yaitu 4,62>3,09 dan memberikan kontribusi terhadap return saham 3,2% dan sisanya dari faktor lain. Hasil penelitian ini membenarkan teori signaling secara simultan yaitu mengemukakan tentang bagaimana seharusnya sebuah perusahaan memberikan sinyal kepada pengguna laporan keungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh total assets; Debt to Total Assets (DAR); Debt to Total Equity (DER); return saham
Subjects: Islam > Islam and Economics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:38
Last Modified: 12 Feb 2019 04:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18714

Actions (login required)

View Item View Item