Penggunaan model pembelajaran teknik Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran PAI hubungannya dengan keterampilan sosial siswa: Penelitian di kelas VII E SMP Bakti Nusantara 666

Fitriani, Fitriani (2017) Penggunaan model pembelajaran teknik Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran PAI hubungannya dengan keterampilan sosial siswa: Penelitian di kelas VII E SMP Bakti Nusantara 666. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh masalah pada siswa yang menunjukan kurang keterampilan sosial siswa saat pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang kurang mendengarkan pendapat teman, kurang dalam keterampilan bertanya, kurang dalam memelihara dan menjaga pertemanan, kurang dalam bekerjasama, dan kurang dalam sifat mau berbagi. Kondisi pembelajaran yang kebanyakan guru hanya menggunakan model ceramah dan tanya jawab saja tidak dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di dalam kelas. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model NHT, Model ini lebih menekankan siswa untuk saling bekerja sama dalam kelompok sehingga masing-masing anggota kelompok paham dengan hasil kerja kelompoknya dan bertanggung jawab terhadap hasil kerja tersebut, yang bertujuan meningkatkan keterampilan social siswa dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Realitas kondisi keterampilan sosial siswa (2) Realitas proses penggunaan model Teknik Numbered Head Together (3) Realitas hubungan antara keduanya (Model Teknik Numbered Head Together dengan Keterampilan Sosial siswa di kelas). Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa keterampilan social siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya penggunaan model pembelajaran. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara penggunaan model pembelajaran NHT dengan Keterampilan Sosial siswa dalam kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat apakah adanya hubungan antara variabel X (penggunaan model pembelajaran NHT pada mata pelajaran PAI) dan variabel Y (Keterampilan sosial siswa dalam kelas). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Realitas kondisi keterampilan sosial siswa diinterpretasikan tinggi berdasarkan rata-rata skor 4,1. yang berada pada interval 3,6 - 4,5. (2) Realitas proses penggunaan model NHT diinterpretasikan tinggi berdasarkan rata-rata skor 4,0. Yang berada pada interval 3,6 - 4,5. (3) Realitas hubungan antara ke dua variable tersebut adalah 0,99 angka tersebut termasuk pada korelasi sangat tinggi karena berada pada interval 0,800-0,1,000.Dan hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5 % menujukan hasil thitung 42,43 > ttabel 2,018. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (Ho) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima artinya ada hubungan yang signifikan antara variebel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 86 %. Dengan kata lain penggunaan model NHT sangat mempengaruhi peningkatan keterampilan sosial siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Togther; Keterampilan Sosial; Ceramah;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 18 Feb 2019 02:24
Last Modified: 18 Feb 2019 02:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18795

Actions (login required)

View Item View Item