Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli garapan warga pada lahan pemerintah di Desa Girijaya Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut

Saparudin, Hari (2017) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli garapan warga pada lahan pemerintah di Desa Girijaya Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya praktek jual beli terhadap lahan milik pemerintah yang dikelola (digarap) oleh warga di desa Girijaya kecamatan Cikajang kabupaten Garut, dimana masyarakat memperjual belikan lahan yang sebenarnya bukan milik mereka sepenuhnya. Lahan tersebut di kelola oleh warga berdasarkan perjanjian kerjasama berbasis pemberdayaan hutan bersama masyarakat (PHBM) yang dilakukan pihak perhutani dan warga sekitar hutan. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui latarbelakang terjadinya jual beli dan proses pelaksanaan jual beli garapan lahan pemerintah yang di kelola oleh warga serta tinjauan fikih muamalah terhadap pelaksanaan jual beli tersebut. Penelitian ini di dasarkan atas ketentuan-ketentuan yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits yang di dalamnya sangat terperinci dan jelas. Dengan dasar inilah kita di tuntut untuk mengamalkan dan menerapkan hukum yang di tetapkan oleh Allah SWT pada keseharian kita dalam bemuamalat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif analisis yang dimaksudkan untuk menggambarkan keadaan objek penelitian, yakni mengenai jual beli hak pengelolaan lahan, kemudian di analisis berdasarkan kaidah-kaidah dan ketentuan hukum yang berlaku dalam fikih muamalah. Sedangkan teknik pengumpulan data ditempuh dengan cara observasi, wawancara, dan studi kepustakaan, sementara analisis datanya dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan data yang di peroleh dalam penelitian ini, latarbelakang warga memperjual belikan garapan tersebut adalah untuk memperoleh garapan lahan sebagai media bercocok tanam agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun dalam proses jual beli yang terjadi di desa Girijaya tersebut, ada salah satu syarat nafadz yang tidak terpenuhi. Sarat tersebut adalah adanya hak orang lain yang terdapat pada objek jual beli (lahan), dalam hal ini Objeknya merupakan lahan yang merupakan milik perhutani. Dalam fikih muamalah jual beli tersebut disebut dengan jual beli fudhul yang hukumnya mauquf (di tangguhkan) sampai pihak pemilik lahan (Perhutani) memberi izin atau tidak. Jika pemilik lahan memberi izin maka hukumnya menjadi diperbolehkan, namun jika pemilik lahan melarangnya maka hukumnya dipandang batal. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu ketua kelompok tani, pihak perhutani mengizinkan jual beli tersebut dengan syarat jual beli tersebut bukan bertujuan untuk mengambil alih hak atas lahan dari pemerintah. Maksudnya jika yang beralih hanyalah hak pengelolaannya saja maka perhutani membolehkannya. Berdasarkan hasil wawancara, dimana pihak perhutani membolehkan jual beli tersebut maka hukum jual beli garapan lahan yang tadinya di tangguhkan menjadi sah dan diperbolehkan menurut ketentuan fiqih muamalah dan ketenntuan lain yang berlaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual beli garapan warga; Hukum;
Subjects: Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Hari saparudin
Date Deposited: 12 Sep 2019 08:52
Last Modified: 12 Sep 2019 08:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18868

Actions (login required)

View Item View Item