Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli ikan dengan Sistem Kongkur di Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung

Permana, Yona (2018) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli ikan dengan Sistem Kongkur di Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab 1.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan jual beli, bentuk jual beli juga terjadi pada masyarakat di desa Girimulya Kecamatan Pacet kabupaten Bandung. Di desa tersebut, telah ada suatu jual beli berupa ikan yang dikenal dengan nama Kongkur. Dalam pelaksanaannya tersebut, yaitu, si penjual atau pemilik kolam menjual ikan yang terdapat dikolam kepada para pemancing, dan si penjual menaksir harga terhadap ikan yang terdapat di kolam tersebut, dan setelah itu para pemancing boleh mengambil sebanyak-banyaknya dalam mendapatkan ikan. Adapun rumusan masalah ini adalah sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan Kongkur di Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, Apa manfaat dan mafsadat terhadap pelaksanaan Kongkur di Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan kongkur di Desa Girimulya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pada prinsipnya segala bentuk kegiatan muamalah khususnya jual beli adalah mubah (boleh) sampai ada dalil yang mengharamkannya. Dalam pelaksaan jual beli ikan dengan sistem kongkur terdapat unsur ketidakjelasan dan mengandung unsur perjudian dan dalam islam itu dilarang. Transaksi jual beli itu harus sesuai dengan syarat dan rukun jual beli yang telah diatur dalam hukum islam. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, yaitu metode yang ditujukan kepada masalah yang ada, dimana diawali data disusun, dijelaskan secara rinci, kemudian dianalisis. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan analisis data penelitian merujuk pada hasil wawancara dengan para pelaku transaksi jual beli ikan dengan sistem kongkur. Berdasarkan hasil penelitian bahwa jual beli ikan dengan sistem kongkur di Desa Girimulya menurut fiqih muamalah yaitu transaksi dilakukan dengan cara dipancing, lebih bnayak mafsadatnya daripada manfaatnya, hukumnya sah tapi fasid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli Ikan ; Sistem Kongkur ; Gharar
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: yona permana
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:24
Last Modified: 05 Mar 2019 03:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18876

Actions (login required)

View Item View Item